https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Dies Natalis ke-42, Unisma Komitmen Siapkan Lulusan Berjiwa Entrepreneur

Senin, 27 Maret 2023 - 21:06
Dies Natalis ke-42, Unisma Komitmen Siapkan Lulusan Berjiwa Entrepreneur Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri Bakri MSi dalam sambutannya pada acara Rapat Terbuka Senat Unisma dalam rangka Dies Natalis ke 42 Tahun 2023. (FOTO: Unisma for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGUniversitas Islam Malang (Unisma) terus berkomitmen untuk dapat berkontribusi lebih untuk negeri. Caranya yakni dengan mencetak  lulusan yang berdaya saing secara global, serta mempunyai jiwa entrepreneur. 

Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri Bakri MSi dalam Rapat Terbuka Senat Unisma dalam rangka Dies Natalis ke-42 Unisma menyampaikan, ulang  tahun ini mengusung tema “Spirit Merawat Jagat, Membangun Peradaban melalui Pewujudan Entrepreneurial University Menuju World Class University”.

Menurutnya, semangat merawat jagat yang selama ini diterapkan pada segala aspek kegiatan, harus terus dikembangkan. Baik dari proses pembelajaran, penelitian , dan pengabdian pada masyarakat.

"Unisma harus menjadi agen perubahan positif yang mampu menjawab tantangan dunia nyata. Juga memberikan solusi inovatif untuk memperbaiki kondisi bangsa dan dunia, baik di bidang sosial, ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan, keagamaan, budaya, lingkungan dan seterusnya,” ujar Prof. Maskuri, ditemui usai memimpin Rapat Terbuka Senat tersebut, Senin (27/3/2023).

Maka dari itu, Prof. Maskuri menambahkan bahwa Unisma telah menyiapkan infrastruktur pendukung untuk menjawab tantangan dunia nyata serta suatu upaya menjadikan Unisma sebagai universitas kelas dunia. Diantaranya yakni mempersiapkan laboratorium untuk meningkatkan dan mengembangkan nilai tambah dari hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen.

“Unisma sudah menyiapkan laboratorium agro komplek di Jengglong, Karangploso, dan Kebonagung. Di sana adalah hirilisasi dari hasil-hasil riset nanti, ada seperti obat-obatan, pupuk, sari buah, dan banyak macam produk lain yang menjadi hasil riset,” tambahnya.

Tak hanya itu, untuk menjembatani lulusan Unisma dengan dunia kerja, Prof. Maskuri juga menyebutkan bahwa pihaknya telah menjalin banyak kemitraan dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha (DUDI), serta melibatkan peran para alumni Unisma yang telah sukses menjadi seorang pengusaha.

“Hari ini juga, kami akan melaksanakan MoU dengan DUDI internasional yang ada di Taiwan dan Korea. Juga nanti bergeser ke Malaysia. Semua ini dalam rangka untuk internasionalisasi Unisma bukan hanya DUDI di tingkat nasional tapi juga internasional,” jelasnya.

Dengan memiliki mata kuliah entrepreneur di setiap program studi, pihaknya optimis bahwa hal tersebut dapat menciptakan lulusan yang berjiwa wirausahawan.

“Unisma tentu akan membangun startup baru bagi mahasiswa. Kita punya organisasi yang disebut dengan entrepreneur generasi emas, kemudian mata kuliah entrepreneur di setiap program studi, maka itu menjadi bagian dari embrio start up baru yang kita rintis,” pungkas Rektor Unisma.

Ditempat yang sama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyampaikan harapannya agar di usia yang ke 42 ini, Unisma dapat terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa Indonesia khususnya wilayah Jawa Timur melalui lulusan yang dilahirkannya.

“Saya yakin Unisma mampu menjadi universitas yang berperan penting dalam mencetak SDM yang unggul. Sebab Unisma memikiki peran yang sangat penting dan diharapkan mampu membawa bangsa ini lebih maju dengan lulusan yang unggul,” ujarnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.