Pendidikan

UIN Maliki Malang Bahas Kontribusi Perempuan di Syiar Ramadan Hari Kesembilan

Rabu, 21 April 2021 - 14:11
UIN Maliki Malang Bahas Kontribusi Perempuan di Syiar Ramadan Hari Kesembilan Syiar ramadan UIN Maliki Malang spesial hari kartini. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) bahas konstribusi perempuan dan pengembangan PTKI di Syiar Ramadan hari kesembilan Ramadan.

Adapun narasumber kali ini, Dr. Siti Mahmudah, M.Si., Dr. Sri Harini, M.Si., Dr. Hj. Syafiyah, MA., Dr. Begum Fauziyah, S.Si., Farm dan Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag sebagai moderatornya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Hari ini tepat hari kartini yang ke 142. Tema kali ini relevansi peran wanita sesuai dengan masing-masing expert dari para narasumber," kata Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag., Rektor UIN Maliki Malang.

Dr. Siti Mahmudah mengatakan, kontribusi perempuan dalam pengembangan PTKI sangat banyak, salah satunya dengan menjadi dosen. Peran perempuan di dalam kampus dilakukan dengan memaksimalkan kemampuan potensi dalam diri. Perempuan tidak hanya membutuhkan kebutuhan diri, tapi juga aktualisasi diri.

Perempuan sebagai dosen tidak lepas dari tri dharma perguruan tinggi. Dengan adanya kerjasama yang bagus akan dapat mengembangan PTKI. Di saat teori kognitif diterapkan maka akan bisa maksimal.

Syiar Ramadan UIN Maliki Malang a

"Terdapat tujuh dekan di UIN Maliki Malang, 4 diantaranya adalah perempuan. Ini menunjukkan bahwa perempuan sekarang punya peran yang luar biasa," ujar Dr. Hj. Syafiyah.

Dr. Sri Harini menuturkan, keberadaan Fakultas Saintek di UIN Malang masih muda. Di dalam Fakultas Saintek orang memandang kecenderung ke laki-laki. Di Fakultas Saintek sendiri tidak membedakan laki-laki dan perempuan. Semua punya hak yang sama dalam mengakses dan belajar di sana.

Terkait dengan SDM, untuk laboran perempuan lebih teliti dibanding laki-laki seperti dalam penyediaan alat laboran lebih prepare dan selesai proses penataannya lebih safety.

"Peran perempuan sangat penting dalam membangun SDM, baik di ranah keluarga, negara, dan masyarakat. Mari kita menguatkan pengembangan UIN Maliki Malang supaya bisa bersama-sama menjadi salah satu wujud visi misi PTKIN," tutur Dr. Begum Fauziyah.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Syiar Ramadan ini akan di tayangkan hari ini (21/4/2021) pukul 16.00 WIB di youtube channel UIN Maliki Malang edisi spesial Hari Kartini. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.