Pendidikan

Sudi Dul Aji, Rektor Baru Unikama

Selasa, 21 Maret 2023 - 17:53
Sudi Dul Aji Dilantik Jadi Rektor Unikama Civitas Akademika Unikama saat memberikan selamat atas pelantikan Rektor Unikama, Selasa (21/3/2023). (Foto: Achmad Fikyansyah/Times Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Dr H Sudi Dul Aji Msi resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) pada Selasa (21/3/2023). Pelantikan tersebut digelar di Auditorium Multikultural Unikama, dan dihadiri oleh beberapa pihak, seperti Ketua PB PGRI Pusat, Ketua PGRI Jawa Timur, dan banyak lainya.

Rektor Unikama, dalam sambutannya menyampaikan, di setiap organisasi pergantian pimpinan adalah sesuatu yang lumrah dan biasa. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penyegaran. 

"Dengan begitu maka sebenarnya tidak ada persoalan-persoalan di dalam perubahan struktur organisasi kita," ucapnya.

Menurutnya, Unikama merupakan miniatur dari Indonesia. Karena didalamnya terdapat mahasiswa dan dosen yang berasal mulai dari Sumatra hingga Papua. 

"Sehingga keragaman itu, marilah kita dirikan sebuah potensi untuk mengembangkan Universitas Kanjuruhan ke depan," kata dia. 

Ada 2 fokus yang akan dia lakukan selama menjabat sebagai Rektor Unikama ini. Yang pertama yakni dengan urusan internal kampus.

"Dalam masalah internal, adalah bagaimana kemudian kita bisa meningkatkan kompetensi baik dosen maupun tenaga pendidikan kita dengan saran itu maka kita bisa melayani mahasiswa dengan baik," terang Sudi.

Karena apabila mahasiswa terlayani dengan baik, maka yang bersangkutan akan turut menginformasikan hal tersebut pada adik-adik kelasnya. 

"Mudah-mudahan peningkatan kompetensi bapa ibu dosen, kompetensi terhadap kependidikan bisa terus kita tingkatkan sehingga kegiatan akademik dan kegiatan non akademik bisa kita sinergikan," imbuhnya.

Fokus yang ke 2 yakni memperbaiki urusan eksternal kampus. Dalam hal ini yakni dengan mempererat dan memperluas hubungan kerjasama dengan berbagai sektor.

"Apakah di bidang pendidikan, apakah di bidang industri dan dunia usaha perlu terus kita tingkatkan. Sehingga nanti mahasiswa kita dengan perubahan kurikulum yang baru, mereka bisa akan mengikuti di dunia kerja kita secara spesifik," tegasnya.

Menurutnya, jika hal itu berhasil dilakukan, maka impact yang bisa diterima kampus adalah meningkatnya minat generasi muda untuk menempuh pendidikan di Unikama. Pihaknya mengakui, selama pandemi ini, penerimaan mahasiswa baru cenderung mengalami  penurunan, dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga hal ini juga akan menjadi sebuah perjuangan besar untuknya, guna membawa Unikama lebih baik lagi. "Untuk itulah kami berharap semua komponen semua ini bisa Berpartisipasi dalam rangka mengembangkan Universitas Kanjuruhan malang yang lebih baik," pungkas Rektor Unikama. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.