Wisata

Bermain Sambil Belajar, Berikut Empat Museum Keren di Malang

Selasa, 06 April 2021 - 13:12
Bermain Sambil Belajar, Berikut Empat Museum Keren di Malang Pintu masuk museum Mpu Purwa. (Foto: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Liburan tidak selalu hanya soal bersenang-senang. Liburan juga dapat menjadi sarana dalam menambah ilmu pengetahuan. Salah satunya dengan melalui museum atau tempat penyimpanan barang bersejarah yang tentunya memiliki cerita. Malang, Jawa Timur juga memiliki banyak museum yang menarik dan cukup ramah dikantong untuk dikunjungi sekaligus mengenal sejarah:

1. Museum Militer Brawijaya

Museum ini dibuka sejak 4 Maret 1968. Sekilas museum ini berisi beberapa alat perang seperti tank dan meriam. Alat ini pada masa itu digunakan untuk melawan Belanda dan sekutunya. Saat masuk, masyarakat akan disajikan beberapa lukisan dan koleksi tentang kisah perjuangan Panglima Sudirman.

Museum ini berlokasi di Jalan Ijen nomor 25 A, Malang. Harga tiket masuk sangat murah, yakni hanya Rp 5000 saja. Untuk hari senin hingga kamis, museum ini buka pukul 08.00-14.30, Jum’at dari pukul 08.00 hingga 11.30, Sabtu dan Minggu pukul 08.00-13.00. 

2. Museum Omah Munir

Museum Omah Munir dari namanya sendiri Munir adalah seorang pejuang HAM  di Indonesia. Munir meninggal ketika sedang perjalanannya menuju Belanda karena diracun. Isi dari museum ini adalah segala barang kenangan dan bersejarah milik Munir seperti sepatu yang dikenakannya saat menuju ke Belanda. Lokasi Museum Omah Munir adalah Jalan Bukit Berbunga, RT 4/RW 7, Batu. Ia dibuka setiap hari kecuali senin dari pukul 10.00 hingga 16.00. Tiket masuk Museum Omah Munir gratis. 

3. Museum Mpu Purwa

Kata Mpu Purwa diambil dari seorang pendeta Buddha bernama Mahayana yang konon juga merupakan ayah dari Ken Dedes. Museum Mpu Purwa berisi barang-barang atau benda purbakala sebagai peninggalan sejak berdirinya kerajaan Kanjuruhan. Barang tersebut contohnya Arca Ganesha Bunulrejo, Arca Brahmana Catur Muka, dan Prasasti Dinoyo 2. Lokasi Museum Mpu Purwa terletak di jalan Soekarno Hatta, Perumahan Griyashanta blok B nomor 210, Malang. Dibuka senin hingga sabtu sejak pukul 08.00 - 16.00. Tiket memasuki museum ini juga gratis. 

4. Museum Kesehatan Jiwa

Museum kesehatan jiwa berisi beberapa alat-alat yang digunakan untuk menangani orang dengan gangguan kejiwaan. Beberapa contoh diantaranya adalah straight jacket biasanya digunakan untuk menenangkan seseorang yang memberontak, dan hydrotherapy yabg digunakan untuk merendam pasien dengan air hangat, bahkan hingga belenggu tangan juga pasung kayu.

Museum Kesehatan Jiwa ini adalah bagian dari rumah sakit jiwa Dr Radjiman Widyodiningrat. Museum ini berlokasi di jalan Jendral Ahmad Yani Lawang, Malang. Ia beroperasi Senin hingga Jumat pukul 08.00 - 16.00. Untuk tiket masuk ke museum ini gratis. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.