Berita

Kemensos RI Distribusikan Bantuan ke Lokasi Banjir Bandang Papua

Minggu, 24 Januari 2021 - 22:36
48.46k
Kemensos RI Distribusikan Bantuan ke Lokasi Banjir Bandang Papua Ilustrasi - Banjir Bandang di Papua. (Foto: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos RI) menyalurkan bantuan senilai Rp 300 juta kepada para korban yang terdampak banjir di Kabupaten Paniai, Papua.

"Bantuan tersebut terdiri dari makanan siap saji, tenda, paket sembako, makanan anak, matras, selimut dan dua unit generator kapasitas 2.800 watt yang dibutuhkan pengungsi," ucap Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos M Safii Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima, Minggu (24/1/2021).

Ia mengatakan begitu mengetahui adanya banjir di Kabupaten Paniai, Menteri Sosial langsung memerintahkan tim untuk mengirimkan bantuan bencana alam ke lokasi.

"Kami mengalami kendala untuk sampai ke sana karena cuaca buruk sehingga menginap dulu di Timika," imbuh M Safii.

Selain itu, Kemensos juga mengirimkan bantuan cadangan beras pemerintah sebanyak 2,5 ton dari gudang di Nabire. Namun, beras tersebut baru akan sampai Senin (25/1/2021) dan langsung didistribusikan.

Kemudian Kemensos juga menerjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Kemensos di Jayapura, Papua, serta personel program keluarga harapan (PKH).

Tagana, tim LDP dan personel PKH akan bekerja bersama dengan TNI-Polri serta pemerintah daerah untuk memberikan konseling kepada warga yang terdampak banjir bandang agar kondisi sosial psikologisnya segera pulih.

Bencana banjir bandang yang terjadi di Kampung Uwibutu-Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua dipicu kondisi tanah yang labil.

BPBD Kabupaten Paniai melaporkan tiga unit rumah ikut hanyut. Selain itu, delapan rumah warga dan satu fasilitas pendidikan sekolah dasar rusak berat. Kemudian 71 Kepala keluarga dilaporkan terdampak banjir bandang. Kemensos RI langsung menyalurkan bantuan senilai Rp300 juta kepada para korban yang terdampak banjir di Kabupaten Paniai, Papua. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.