https://malang.times.co.id/
Berita

Bahlil Lahadalia Jadi Calon Kuat Ketum Partai Golkar 

Rabu, 14 Agustus 2024 - 12:11
Bahlil Lahadalia Jadi Calon Kuat Ketua Umum Partai Golkar  Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia bersama Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab)

TIMES MALANG, JAKARTA – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diprediksi menjadi calon kuat Ketua Umum Partai Golkar. Anak buah Presiden Jokowi itu akan menggantikan posisi Airlangga Hartarto yang sebelumnya menyatakan mundur secara tiba-tiba.

Nama Bahlil mengemuka sebagai kandidat Ketum Golkar setelah partai lawas tersebut menunjuk Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketum Golkar lewat rapat pleno yang digelar Selasa (13/8/2024).

Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham menyatakan, 34 DPD Golkar di sejumlah provinsi mendukung Bahlil menjadi nahkoda terbaru partai beringin tersebut.

Kata dia, itu membuktikan bahwa Bahlil didukung oleh akar rumput. "Yang rilis kalau nggak salah sudah 34," kata Idrus di Matraman, Jakarta Timur.

Ia menyampaikan, Bahlil adalah sosok yang tepat untuk menggantikan Airlangga Hartarto. "Bangsa ini memerlukan pemimpin yang perekat. Apalagi di Golkar kan kumpul semua," ujarnya.

Kuatnya sosok Bahlil jadi Ketum Golkar yang baru juga disampaikan oleh politikus Golkar, Dito Ariotedjo. "Ya memang kita sudah mendengar aspirasi ini mengerucut ke namanya Bang Bahlil," ujarnya kepada wartawan.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto tiba-tiba mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai Ketum Golkar. Terkait alasannya, ia mengatakan, untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

"Saya Airlangga setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan," kata Airlangga.

Namun, ada beberapa dugaan yang muncul atas mundurnya Airlangga tersebut. Mulai dari intervensi dari pihak Istana, hingga kasus hukumnya di Kejagung. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.