https://malang.times.co.id/
Berita

Cerita Fina Kharisma, Mahasiswa UM Peraih Juara I Pilmapres 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:08
Cerita Fina Kharisma, Mahasiswa UM Peraih Juara I Pilmapres 2024 Fina Kharisma saat menerima penghargaan sebagai juara 1 Pilmapres UM 2024. (Foto: Humas UM).

TIMES MALANG, MALANG – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024 kembali di gelar Universitas Negeri Malang (UM). Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya ditemukanlah juara-juara pada setiap jenjang.

Tahun 2024 ini mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fina Kharisma berhasil meraih Juara I Pilmapres UM tingkat Sarjana.

Gina menyampaikan, ada perjuangan panjang yang harus dia lalui sebelum akhrinya berhasil menjadi yang nomor 1 dalam Pilmapres 2024.  Dan ini bukanlah hal yang mudah baginya. Dia mengatakan, saat ini dia sedang banyak berkegiatan di luar kampus karena sedang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM), yaitu Kampus Mengajar.

"Penuh suka dan duka saat mengikuti Pilmapres UM ini, jujur perjuangannya terasa berat. Akan tetapi, saya melihat orang-orang yang ada di sekitar memberikan dukungan yang sangat berarti. Terutama dukungan orang tua, yang tidak pernah putus memberikan do’a. Sehingga kejuaraan ini menjadi persembahan untuk mereka semua,” ucapnya.

Fina yang juga aktif berkegiatan di Al-Qur’an Study Club (ASC), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM menuturkan, prestasi besar ini dia awali dengan mengikuti Pilmapres tingkat Fakultas. Setelah lolos, Fina  akhurnya memantapkan dirinya untuk mengikuti ajang di tingkat universitas, hingga akhirnya menjadi juara satu tingkat sarjana di UM.

Fina mengaku mengumpulkan niat serta tekad yang kuat dalam menghadapi kontestan pilmapres lainnya yang dipenuhi oleh orang-orang hebat. Meningkatkan skill, melengkapi semua berkas persyaratan tidak lupa turut melengkapi perjuangannya. Adanya seleksi berbahasa Inggris mendorong Fina untuk mengembangkan potensi diri dengan mulai mengimplementasikan bahasa asing ini ke kehidupan sehari-harinya, di samping itu Fina juga melewati tes seleksi yang lain seperti tes kepribadian, wawasan kebangsaan, capaian unggulan, karya tulis ilmiah.

“Rasanya campur aduk banget, antara senang, bersyukur, dan terharu. Saya pribadi awalnya tidak berekspektasi bakalan menjadi juara karena teman-teman lainnya juga sangat unggul di bidangnya masing-masing. Akan tetapi, saya diberi kesempatan ini. Mungkin ini menjadi jalan dari Allah untuk membawa saya menuju tingkat yang lebih tinggi lagi,” kata Fina.

Mengingat perjuangannya itu, Fina membagikan tips dan strategi dalam ajang Pilmapres UM. Pertama yakni memantabkan niat. "Jangan sampai salah dalam niat mengikuti suatu perlombaan. Kedua, kuasai dan tingkatkan kualitas diri di setiap tes seleksi. Sehingga maksimal dalam mempersiapkannya dan mendapatkan nilai yang tinggi,”  tuturnya.

Mengelola atau mengatur waktu juga  menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi Fina. Dengan begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan meski mempunyai kegiatan yang padat. Itulah yang selama ini dia terapkan. Fina selalu merancang jadwal yang diukur sesuai dengan skala prioritas.

“Jika dengan berkuliah itu ibadah, maka berprestasi adalah dakwah” itu motto saya," jelasnya.

Fina menaruh harapan besar pada dirinya sendiri untuk bisa lebih berdampak pada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. Fina pun menjadi lebih bersemangat lagi untuk semakin meningkatkan value dan skill diri.

Dia pun berpesan kepada teman sejawatnya yang sedang berkuliah untuk bisa memanfaatkan waktu kuliah sebaik-baiknya.  Karena tidak semua orang punya kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi.

"Menjadi mahasiswa itu privilege. Jangan lupa mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki. Mari membangun karakter pemuda yang tidak mudah insecure, karena setiap manusia memiliki jalan dan timeline masing-masing,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.