https://malang.times.co.id/
Berita

Wisatawan Pantai Balekambang Malang Diimbau Waspada Ombak

Sabtu, 13 April 2024 - 20:12
Wisatawan Pantai Balekambang Malang Diimbau Waspada Ombak Suasana pasir Pantai Balekambang Kabupaten Malang yang tampak dipadati sejumlah pengunjung, Sabtu (13/4/2024). (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Sejumlah tempat wisata pantai di Malang selatan sudah dipadati pengunjung pada hari ketiga liburan lebaran, Sabtu (13/4/2024). Banyak wisatawan datang dalam rombongan keluarga, yang juga didominasi anak-anak kecil. 

Ramainya pengunjung wisata pantai ini seperti juga dibenarkan pengelola Wisata Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Sujono. 

"Pantai Balekambang mulai ada peningkatan pengunjung, dari Malang juga luar kota Malang. Seperti, dari Sidoarjo, Pasuruan, dan Jombang," terang Sujono, Sabtu (13/4/2024). 

Wisatawan Pantai Balekambang ini memadati spot-spot yang berlatar belakang keindahan panorama air laut, dan banyak berkumpul di hamparan pasir putih pantai tersebut. 

Di antara para pengunjung ini, sangat banyak pula anak-anak yang tampak sangat menikmati pasir pantai dan air laut di sepanjang tepian pantai. 

"Agar aman, dan menjaga keselamatan, kami terus memberi imbauan pengunjung untuk tetap mematuhi rambu-rambu laut yang dipasang pengelola. Kepada orang dewasa, juga diminta selalu mendampingi putra-putrinya saat berada di tepi pantai," terang Jono. 

Pantai-Balekambang-2.jpgPersonel Polairud Polres Malang bersama jajaran dan pengelola, saat memantau kondisi kunjungan wisata di Pantai Balekambang, Sabtu (13/4/2024). (Foto: Polairud)

Beberapa rambu peringatan bahaya dan ombak, lanjutnya, pihaknya juga memasang banner imbauan di dekat tepi pantai, agar pengunjung tidak mandi di laut untuk menghindari ombak pantai. 

Menurut Jono, keindahan pantai Balekambang memang menjadi tujuan utama para wisatawan. Ia memperkirakan, kunjungan akan terus meningkat beberapa hari mendatang, hingga H plus 6 dan 7 libur lebaran. 

"Selepas dari pantai mana saja yang ada sepanjang kawasan Jalur Lingkar Selatan (JLS), pada sore harinya wisatawan tetap masuk ke Pantai Balekambang. 

Di sisi lain, pengelola wisata Balekambang juga didukung sejumlah pihak dalam pengamanan pengunjung wisatawan. Selain personel Polairud Polres Malang dan jajaran Polsek setempat, juga melibatkan relawan PMI, SAR, dan lainnya. 

Dikonfirmasi, Kasat Polairud Polres Malang, AKP Slamet Subagyo mengungkapkan, pihaknya juga terus menggelar patroli pemantauan keselamatan bagi wisatawan. 

"Bisa kami laporkan,  pengunjung Pantai Balekambang hari ini kurang lebih 500 orang, dengan cuaca maritim terpantau cerah serta kecepatan angin 5-8 knot dan ketinggian ombak 0,5 sampai 1 meter," terang AKP Slamet, Sabtu (13/4/2024). 

Untuk mengantisipasi keselamatan pengunjung, petugas juga dilakukan patroli berkala menggunakan speed boat, untuk mengingatkan agar wisatawan berhati-hati dan tidak melakukan mandi di laut. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.