https://malang.times.co.id/
Berita

1.690 CJH Malang Berangkat Tahun Ini, Jemaah Lansia Jadi Perhatian

Selasa, 23 April 2024 - 19:51
1.690 CJH Malang Berangkat Tahun Ini, Jemaah Lansia Jadi Perhatian BKasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Malang, Abdul Salam. (Foto Amin/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Pada musim haji tahun ini, sejumlah 1.690 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Malang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini. Mereka akan diberangkatkan dalam 5 (lima) kelompok penerbangan (kloter). 

"Tahun ini, InshaAllah jamaah haji Kabupaten Malang akan berangkat dalam 5 kloter penerbangan. Jumlahnya, 1.690 CJH," terang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Abdul Salam, dikonfirmasi, Selasa (23/4/2024). 

Menurutnya, secara khusus jemaah lansia akan mendapat pendampingan khusus petugas haji selama menjalani ibadah haji tersebut. 

"Untuk jemaah lansia tetap menjadi prioritas. Inshaallah setiap kloter sudah ada petugas kloter yang mendampingi jemaah, termasuk bimbingan manasik sampai masalah kesehatan, sudah ada semua petugasnya," terangnya. 

Sejumlah 1.690 calon jemaah haji ini telah mempersiapkan segala kebutuhannya. Termasuk, tes atau skrining kesehatan sebelum pemberangkatan. 

Semua CJH, lanjut Salam, sudah selesai mengikuti syarat pemeriksaan kesehatan. Menurutnya, jemaah sudah diperiksa kesehatannya di faskes yang ada di wilayah kecamatan tempat domisili masing-masing.

Pemeriksaan kesehatan CJH juga dilayani di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang. Pelayanan yang diberikan untuk kesehatan haji reguler dan petugas (PHD). 

Pihak RSUD Kanjuruhan, memberikan pelayanan khususnya pemeriksaan kesehatan untuk CJH yang beresiko tinggi dan lansia. 

"Kalau ada hasil pemeriksaan dan riwayat sakit yang berbahaya saat perjalanan jauh, kami rekomendasikan untuk dipentau serius dokter pendamping," kata Plt Direktur RSUD Kanjuruhan, dr Bobi Prabowo, dikonfirmasi terpisah. 

Menurut Salam, CJH yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini terdiri dari jaman lunas pembayaran biaya naik haji. Ia merinci, sejumlah 1.742 orang telah lunas biaya tahap 1, sisanya sejumlah 135 orang lunas biaya tahap 2.

Ia juga merinci, sejumlah sejumlah 105 orang merupakan CJH mutasi masuk antarkota/kabupaten, sementara yang mutasi keluar 321 orang CJH. 

Sebagai kesiapan akhir untuk lebih memantapkan pemahaman rangkaian pelaksanaan haji nantinya, pihak Kemenag Kabupaten Malang juga telah mengagendakan latihan manasik semua CJH tingkat Kabupaten Malang. 

Rencananya, latihan manasik ini digelar pada Ahad, 28 April 2024, bertempat di kompleks Gedung Islamic Center di Kepanjen, Kabupaten Malang. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.