Berita

dr Fanny Berikan 6 Langkah Mudah Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Covid-19

Sabtu, 23 Januari 2021 - 12:23
53.44k
dr Fanny Berikan 6 Langkah Mudah Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Covid-19 dr Fanny Imannuddin pakar Body Aesthetic dan pegiat Healthy Lifestyle. (Foto: Dok. Pribadi for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Penyebaran Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Maka dari itu wajib hukumnya menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan imun tubuh dengan memilih gaya hidup sehat. Dan dr Fanny Imannuddin, M. Biomed (AAM) membagikan 6 langkah mudahnya.

1. Olahraga rutin

Orang yang tidak berolahraga akan membuat tubuh menjadi lemah dan dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya. Menurut dr Fanny, orang dewasa membutuhkan setidaknya aerobic exercise selama 30 menit per hari sebanyak 5 kali  seminggu dan latihan beban selama 20 menit per hari sebanyak 3 kali seminggu.

2. Mengkonsumsi makanan berserat dan mengandung antioksidan

Banyak pekerja kantor biasanya mengalami penyakit Sick Building Syndrome (SBS). SBS adalah penyakit yang muncul karena terkontaminasi dengan radikal bebas dari alat elektronik di sekitar.

"Radikal bebas bisa berasal dari polusi udara seperti, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain," ujar dr Fanny kepada Times Indonesia, Sabtu (23/1/2021).

Bahwa saat seseorang berada dalam ruangan tertutup dan ber-AC, radikal bebas akan ikut terbawa melalui orang-orang yang sebelumnya telah terkontaminasi dengan polusi saat beraktivitas di luar.

"Radikal bebas ini selanjutnya akan terus berputar dalam ruangan tertutup, dan tanpa sadar kita bisa ikut menghirup udara tersebut sehingga lambat laun kesehatan akan terganggu," paparnya.

Maka pentingnya antioksidan di sini adalah membantu menetralisasi radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan. Selain itu, antioksidan juga diperlukan untuk mengangkat radikal bebas yang telah ada dalam darah yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.

“Perlu diingat bahwa pola diet itu perlu balanced nutrition, yang terpenting adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh,” ujarnya.

Terdapat 5 komposisi penting dari nutrisi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jika ada salah satu dari lima komposisi ini yang belum seimbang maka kerja tubuh dalam proses metabolisme tiap sel akan mengalami proses kerusakan, dan menghasilkan radikal bebas, untuk itulah dibutuhkan antioksidan.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau terlalu letih juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Seseorang yang kurang tidur biasanya akan mudah terserang influenza atau infeksi lainnya.

"Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi siapa saja untuk memenuhi durasi tidur masing-masing. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang disarankan, yakni 7-9 jam tiap malam demi kesehatan tubuh," imbau dr Fanny.

4. Ketergantungan pada makanan tertentu

Ketergantungan pada makanan tidak sehat dapat beresiko meningkatkan penumpukan toksin dan bahaya obesitas. Masalah obesitas telah menjadi fokus baru selama pandemi, karena penelitian menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin menderita komplikasi parah atau kematian akibat Covid-19.

Laporan Komisi Kesehatan Nasional, yang dirilis Rabu (23/12/2020) lalu menemukan bahwa lebih dari 50 persen orang dewasa diklasifikasikan sebagai kelebihan berat badan, 16,4 persen di antaranya mengalami obesitas.

5. Rutin mengkonsumsi air putih

Rutin mengkonsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kulit. Setiap hari, tubuh akan kehilangan cairan melalui proses seperti bernapas dan buang air kecil, minum air putih dapat menggantikan cairan tersebut.

Kebutuhan cairan berbeda pada pria dan wanita. Lanjut dr Fanny, Pria membutuhkan 3,7 liter cairan per hari, sementara wanita memerlukan 2,7 liter cairan per hari.

6. Mengurangi tingkat stres

Merasa stres adalah hal yang normal bagi manusia. Stres bisa disebabkan dari pekerjaan, studi, keluarga, hubungan, dan banyak lagi. Mengurangi tingkat stres dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan yang menurut Anda menyenangkan seperti mendengarkan musik, menonton film, menjalankan aktivitas hobi dan lain sebagainya.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, dr Fanny berpesan, agar tingkat stres dapat dikurangi sehingga imun tubuh tetap terjaga dan melindungi diri dari berbagai penyakit. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.