https://malang.times.co.id/
Berita

Hari Kerja Pertama, Pelayanan Publik di Kabupaten Malang Diserbu Warga

Selasa, 08 April 2025 - 17:16
Hari Kerja Pertama, Pelayanan Publik di Kabupaten Malang Diserbu Warga Pelayanan adminduk desk Dukcapil di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Malang, di hari pertama masuk kerja usai curi bersama lebaran, Selasa (8/4/2025). (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Pelayanan publik di hari pertama kerja ASN di lingkup Pemkab Malang sudah normal kembali, Selasa (8/4/2025). Salah satunya, pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP), yang menjadi pusat pelayanan terpadu, di Jalan Trunojoyo, Kepanjen, Kabupaten Malang

Sejak pagi, tampak ratusan kendaraan pengunjung didominasi roda dua memadati halaman parkir kantor MPP tersebut. 

Di tempat ini, salah satunya melayani pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) dari petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Malang. 

"Sudah normal dan langsung membuka pelayanan. Ada empat loket Dukcapil yang sudah melayani pengurusan adminduk oleh petugas kami," terang Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Malang, Harry Setia Budi, Selasa (8/4/2025) sore. 

Dari laporan yang tercatat, menurutnya paling banyak melayani pengurusan KTP elektronik. Yakni, mencapai 110 KTP tercetak. Disusul, pembaharuan KTP bekas atau lama oleh 56 pemohon. 

"Petugas kami paling banyak melayani di loket pengurusan KTP. Kami siapkan blangko awal hanya 54 keping. Karena permohonan sangat banyak, kami tambahkan blangko 250 keping. Jadi, totalnya hari ini 304 blangko," terang Harry.

Dukcapil-di-Mall-Pelayanan-Publik-Kabupaten-Malang-a.jpg

Pengurusan permohonan lainnya adalah pengajuan KTP baru karena hilang, sejumlah 17 pemohon. Selain itu, pengajuan surat keterangan (Suket) sebanyak 26 pemohon. 

Petugas Dinas Dukcapil juga melayani perekaman KTP elektronik untuk 18 pemohon, pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) 21 orang. Juga, layanan legalisir dokumen Akta Kelahiran untuk 5 pemohon. 

Pelayanan kesehatan masyarakat juga sudah sepenuhnya diberikan oleh pihak RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang. 

Tampak petugas di sejumlah loket pelayanan RSUD Kanjuruhan memberikan pelayanan sesuai kebutuhan pengunjung. Diantaranya, loket Pelayanan Administrasi Terpadu juga di meja pelayanan informasi dan pengaduan. 

"Jumlah pasti pengunjung hari ini belum direkap laporannya. Yang pasti, untuk pelayanan rawat inap, rawat jalan dan di IGD lancar dan berjalan seperti biasanya," demikian staf bagian umum dan informasi RSUD Kanjuruhan, Lukito Condro. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.