https://malang.times.co.id/
Berita

Didukung Konsorsium Jerman, Pemkab Malang Bertekad Bersih Sampah dan Olah Jadi Bernilai Guna

Rabu, 14 Agustus 2024 - 17:09
Didukung Konsorsium Jerman, Pemkab Malang Bertekad Bersih Sampah dan Olah Jadi Bernilai Guna Bupati Malang, HM Sanusi, saat melihat lokasi pembuangan sampah (TPS) yang sudah dibersihkan, di Desa Sidorejo, Jabung, Kabupaten Malang, sebagai bagian program Indonesia Bersih, Rabu (14/8/2024). (Foto Humas Prokopim)

TIMES MALANG, MALANG – Bupati Malang, HM Sanusi menyatakan, Pemkab Malang serius terkait pengelolaan sampah, sekaligus pengolahannya menjadi lebih bernilai guna. 

Dia menyampaikan Kabupaten Malang bersih dan mengolah sampah menjadi sumber energi pembangkit (power plant) dan penunjang sektor pertanian. 

"Jadi, dengan didukung konsorsium dari Jerman dan Singapura, Kabupaten Malang bertekad bersih dari sampah. Pengolahan sampah juga bisa jadi sumber energi dan pupuk," terang Sanusi, saat acara KunjunganTPS (Tempat Pembuangan Sampah) di wilayah Kecamatan Pakis dan Kecamatan Jabung, Rabu (14/8/2024). 

Dalam kunjungan ini, hadir pula perwakilan konsorsium, yakni Owner GPT Circular Toby Manners. 

Dalam sambutannya yang dialihbahasakan, perwakilan dariJerman mengungkapkan, yang terpenting dari kegiatan pembersihan sampah ini adalah, bagimana agar tetap terjaga kawasan yang bersih dan rapi, secara bersama-sama pemerintah daerah dengan masyarakat. 

Sejauh ini, menurutnya sudah terambil 50 ribu ton sampah dari TPS yang ada untuk diolah. Berikutnya, seperti halnya komitmen Bupati Malang, maka ditargetkan pengurangan sampah di semua wilayah desa se Kabupaten Malang. 

"Program pengelolaan sampah ini terbesar di Indonesia. Sebagai informasi, sudah di pick up (diangkut) 50 ribu ton. Dan, akan dilanjutkan pembersihan sampah seperti harapan Pak Bupati untuk 390 desa/kelurahan," terangnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Ahmad Dzulfikar Nurrahman mengungkapkan, kegiatan clean up (bersih sampah) ini sudah diinisiasi Bupati Malang sejak 2022 lalu. Akan tetapi, dulu masih dikerjakan dengan dukungan dari perangkat daerah. 

"Kami dari DLH mencoba mencari donor untuk membantu kegiatan ini. Jadi sampai saat ini sudah dilakukan 140 titik clean up. Dari yang awalnya tempat sampah, jadi bersih total. Sudah 180 desa. Targetnya, menyelesaikan di seluruh desa," terang Dzulfikar. 

Donor yang dimaksudkannya adalah dari AEPW, lembaga NGO, seperti konsorsium perusahaan-perusahaan global yang concern terhadap pelestarian lingkungan. Mereka bekerja sama untuk menangani kegiatan-kegiatan lingkungan di seluruh dunia.

Target pembersihan sampah ke depan, lanjutnya, menyeluruh di 390 desa/kelurahan. 

"Titiknya menyesuaikan. Kadang ada desa yang sudah bersih. Ada juga yang terdapat 2 titik atau 3 titik. Ada support juga untuk TPA, untuk perluasan dan infrastruktur yg lebih baik. Sampah di TPA juga akan dikelola," jelas Afi, sapaan akrab Dzulfikar. 

Menurutnya, yang menjadi PR bersama bukan pembersihannya, melainkan menjaga supaya tidak kotor lagi. Karena sampah ini urusan seluruh masyarakat.

Ditambahkan Afi, salah satu program Bersih Indonesia ini, pihaknya juga akan mendapat hibah armada. Kalau proyeksinya sesuai target, bisa menyerap 1.000 tenaga kerja pengolah sampah. 

"Armada sekarang masih terbatas untuk pelayanan. Dengan tambahan dari AEPW, selain dapat hibah TPST (pelayanan di TPA), juga akan mendapat support terkait sosialisasi perubahan perilaku juga terkait kelembagaan," terangnya. 

Untuk kelembagaan pengelola sampah juga sudah terbentuk yaitu BLUD. Artinya, dengan BLUD ini, sudah bisa melakukan pekerjaan business model. Jadi, dari sampah-sampah yang kita kelola bisa kita gunakan untuk mengurangi operasional yang dikeluarkan pemerintah.

"Harapannya, sampah dari rumah warga bisa dibersihkan. Kerja sama dengan bank sampah, TPS3R, kita sendiri nanti juga akan dibangunkan TPST. Lebih besar lagi skalanya," terang Afi.

Sementara ini, ada sejumlah 16 unit TPS3R dari PU Cipta Karya, masyarakat melalui KSM juga berinisiasi membangun TPS. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.