Berita

MUI Jatim Serukan Aksi Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 - 22:16
MUI Jatim Serukan Aksi Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, PROBOLINGGO – Bencana erupsi Gunung Semeru yang melanda warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, memantik banyak simpati. Majlis Ulama Indonesia atau MUI Jatim mengajak seluruh kalangan untuk ikut bahu-membahu.

Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Jawa Timur KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah mengungkapkan bencana yang terjadi di Lumajang, merupakan duka yang sangat dalam bagi seluruh warga Indonesia. Bencana letusan Gunung Semeru itu perlu disikapi dengan melakukan sejumlah langkah penting.

“Kami menyampaikan duka mendalam untuk korban dan warga yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang. Mari bersama-sama mendoakan korban yang meninggal dunia, serta mengajak masyarakat untuk memperkuat solidaritas dengan menggalang dana demi membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru,” tutur Kiai Mutawakkil, saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (5/12/2021) malam. 

Selanjutnya, MUI Jatim mengimbau pemerintah agar secara efektif bahu-membahu melakukan penanganan darurat pasca erupsi. Bagaimana pun, langkah pemerintah akan sangat menentukan lekas tidaknya penanganan dampak bencana tersebut.

Namun, Kiai Mutawakkil juga mengimbau elemen masyarakat lainnya untuk bersama-sama melakukan upaya kemanusiaan. Hal tersebut penting demi mempercepat penanggulangan dampak erupsi Gunung Semeru.

“Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama dalam memobilisasi bantuan ke lokasi bencana, dengan mengutamakan berkoordinasi melalui MUI setempat,” tuturnya.

Tak lupa, Kiai Mutawakkil mengajak kaum Muslim dan Muslimah untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Selanjutnya, ulama kharismatik asal Kabupaten Probolinggo ini mengajak masyarakat Muslim meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan keikhlasan, serta secara khusyu’ berzikir dan bermunajat.

“Mari memohon pertolongan Allah Jalla Jalaluh agar diberikan perlindungan. Baik perlindungan kepada para korban maupun juga kepada kita semuanya, serta dimudahkan dalam menghadapi setiap tantangan dalam menjalani kehidupan yang tidak ringan saat ini. Sehingga dapat mengatasi pandemi, bencana, dan masalah yang dihadapi,” tutur orang nomor satu di MUI Jatim ini. (*)

 

Pewarta : Abdul Jalil (MG-382)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.