https://malang.times.co.id/
Berita

Lengkapi Lansekap IKN, Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan Diresmikan Presiden RI Jokowi

Rabu, 14 Agustus 2024 - 19:06
Lengkapi Lansekap IKN, Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan Diresmikan Presiden RI Jokowi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden RI Jokowi meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MALANG, PENAJAM PASER UTARA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden RI Jokowi meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). Sumbu Kebangsaan merupakan lansekap ikonin kawasan inti IKN berupa ruang terbuka hijau yang menghubungkan Istana Garuda dengan Taman Kusuma Bangsa. 

Peresmian Plaza Seremoni ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Jokowi dan turut didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

Presiden RI Jokowi mengatakan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan merupakan bagian fasilitas pendukung yang melengkapi keistimewaan Ibu Kota Negara. Sumbu Kebangsaan merupakan ruang terbuka yang menggambarkan keharmonisan hubungan antar manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungan, dan manusia dengan sesamanya. 

"Saya berharap kehadiran Sumbu Kebangsaan yang dilandasi filosofi keluhuran hubungan Tuhan, manusia, dan alam ini akan menjadikan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang harmonis, nyaman, dan damai," kata Presiden RI Jokowi. 

Plaza Seremoni mulai dibangun sejak Desember 2020 dan telah selesai pada Desember 2023 dengan anggaran senilai Rp381,7 miliar. Pembangunan konstruksinya di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero) dan Konsultan Manajemen Konstruksinya oleh PT Virama Karya (Persero) KSO PT Laras Sembada.

Presiden-RI-Jokowi-z.jpg

Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan dibangun di atas lahan 9,45 hektare yang berada di antara Istana Garuda dengan Taman Kusuma Bangsa dan sisi kanan kirinya kantor Kementerian Koordinator. Di kawasan juga dilengkapi visitor center, retail dan galery, toilet dan service area, shared street, plaza timur dan barat, central promenade, forest trail dan forest walk, main amphiteater dan mini amphiteater. 

Menteri PUPR RI mengatakan dengan diresmikannya Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan juga menjadi tanda bahwa infrastruktur IKN pendukung pelaksanaan upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 nanti telah siap. Plaza Seremoni akan difungsikan pada area Ceremonial Lawn (Visitor Center, Amphitheater, Forest Trail, toilet umum, dan Retail/Galeri untuk UMKM)  yang dapat menampung tamu undangan, holding pelaksana upacara dan panitia pendukung. 

Turut mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Kementerian PUPR RI Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Rachman Arief, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis H. Sumadilaga. (*) 

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.