https://malang.times.co.id/
Ekonomi

Geber Pangan Murah, Pemkab Malang Sasar Masyarakat Miskin

Senin, 01 April 2024 - 13:22
Geber Pangan Murah, Pemkab Malang Sasar Masyarakat Miskin Pj Sekdakab Malang, Nurman Ramdansyah, didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi, saat meninjau pasar murah Gerakan Pangan Murah Serentak, di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Senin (1/4/3024). (FOTO DKP

TIMES MALANG, MALANGPemkab Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang menggelar pasar pangan murah, yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Ngantang, kabupaten Malang, Senin (1/4/2024). 

Digelarnya pangan murah ini sesuai instruksi Gerakan Pangan Murah Serentak Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, sebagai bentuk kesiagaan menjelang Idul Fitri 2024 

Penyelenggaraan pasar pangan murah ini dihadiri dan ditinjau Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah. Hadir pula sejumlah pejabat dari beberapa OPD terkait. 

Nurman-Ramdansyah-2.jpg

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Manila Surya Dewi mengungkapkan, tujuan pasar pangan murah ini untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang lebaran Idul Fitri 2024.

"Harapannya bisa membantu masyarakat, agar dapat memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau, di bawah harga pasar, sekaligus memastikan ketersediaan bahan pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen," terang Mahila Surya, Senin (1/4/2024). 

Pemilihan lokasi sasaran pangan murah di Kecamatan Ngantang ini sendiri, lanjutnya, untuk memenuhi aspek pemerataan pelayanan kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang, khususnya di Wilayah Malang Barat.

Di pasar murah ini, komoditas pangan yang dijual seperti beras, gula, minyak goreng, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, sayur mayur serta beberapa produk UMKM. 

Kegiatan ini melibatkan partisipan pendukung dari Perum Bulog Cabang Malang, produsen ID Food, pelaku UMKM pangan, serta Satgas Pangan Kabupaten Malang. 

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Badan Pangan Nasional RI terkait Gerakan Pangan Murah Serentak, sasaran kegiatan pajgan murah ini diprioritaskan di lokasi barometer inflasi dan wilayah-wilayah yang mengalami gangguan atau gejolak pasokan dan harga pangan. Telebih lagi, pada masyarakat di bawah garis kemiskinan.

Aksi Pangan Murah Serentak ini sendiri dilaksanakan secara langsung di 411 titik lokasi di 38 Provinsi dan 260 Kabupaten/Kota. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.