Olahraga

Angkat Potensi Usia Dini, PSSI Kota Malang Siap Gelar Festival Sepakbola U-12

Minggu, 19 Maret 2023 - 13:08
Angkat Potensi Usia Dini, PSSI Kota Malang Siap Gelar Festival Sepakbola U-12 PSSI Kota Malang saat konferensi pers jelang Piala Walikota Cup U-12. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Nampaknya potensi para atlet sepakbola usia dini di Kota Malang perlu digenjot kembali. Oleh sebab itu, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Kota Malang (PSSI Kota Malang) bakal menggelar perhelatan festival sepakbola U-12.

Kegiatan yang digelar sejak Senin (20/3/2023) besok tersebut mengangkat tema jelang HUT Kota Malang ke-109 dengan nama Piala Wali Kota Cup U-12.

Ketua PSSI Kota Malang, Waris Sutanto mengatakan, perhelatan yang baru pertama digelar sejak kepemimpinannya di PSSI, bertujuan untuk menghidupkan kembali para atlet muda sepakbola Kota Malang.

"Tujuannya menghidupkan kembali supaya PSSI tertata kembali mencari bibit-bibit baru. Jadi kegiatan ini nantinjuga akan berkala, bukan sekali saja," ujar Waris, Minggu (19/3/2023).

Menurutnya, potensi sepakbola saat ini perlu dibina dengan baik, khususnya usia dini dan muda. Supaya, lanjut Waris, sepakbola di Kota Malang bisa berjalan dengan baik seperti di era-era kejayaan dulu.

"Makanya perlu ada pembinaan. Kegiatan ini bukan sekedar lomba, tapi kita khususkan pembinaan mencari bibit baru sepakbola Kota Malang," ungkapnya.

Kegiatan yang digelar secara inisiatif oleh PSSI Kota Malang ini tentu memperlihatkan bagaimana potensi sepakbola Kota Malang harus dijaga dengan baik.

Apalagi, regenerasi juga perlu dilakukan untuk kedepan masuk di kanca nasional dan internasional.

"Jadi nanti juga ada untuk U-13 sampai U-15 secara berkala. Karena APBD kita fokus untuk Porprov, jadi kegiatan ini inisiatif kita berkolaborasi dengan stakeholder," katanya.

Sementara, Ketua Pelaksana Kistiya Yudha membeberkan, kegiatan yang digelar selama dua hari sejak Senin (20/3) dan Selasa (21/3) ini akan diikuti oleh 42 tim dari total ada 46 tim dibawah binaan PO-PS Askot PSSI Kota Malang.

Pertandingan sepakbola ini menggunakan sistem grup. Dimana satu grup akan diisi oleh tiga tim untuk bisa masuk ke fase gugur di hari kedua.

"Sesuai regulasi, akan digelar 7 lawan 7 dengan durasi waktu 2 kali 10 menit," ucapnya.

Setelah itu, nantinya akan dipantau oleh tim pemandu bakat untuk selanjutnya mengikuti seleksi agar bisa masuk dalam binaan tim sepakbola Persema Malang.

"Ini kita persiapkan untuk pembentukan Askot U-13 di tahun mendatang," imbuhnya.

Melihat potensi sepakbola Kota Malang yang mulai memudar, ia berharap melalui gelaran ini bisa menemukan bibit-bibit baru kebanggaan warga Kota Malang menuju nasional dan internasional.

"Di Kota Malang sudah minim sekali mencetak untuk support pemain di timnas. Beda kan dengan dulu, ada Aji dan Kuncoro. Mudah-mudahan sekarang bisa menjadi giat lagi dan bisa lebih menjalankan program-program dari kalender PSSI," tuturnya.

Di sisi lain, kedepan ia juga ingin bagaimana bisa mencetak potensi muda yang unggul hingga level senior. Sebab, dimana selama ini bibit-bibit muda ini sering hilang arah di tengah jalan, akhirnya tak bisa menjadi pemain profesional.

"Sepakbola ini mengekerucut, dari usia 10 sampai 17 nanti pasti akan berkurang minatnya. Ini harus kita cari strateginya agar bisa mencetak pemain profesional yang berangkat sejak dini," tandasnya.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.