Olahraga

Lomba Panahan Tradisional Forda Jatim Ramai Peminat

Sabtu, 27 Mei 2023 - 15:53
Lomba Panahan Tradisional  Forda Jatim Ramai Peminat Lomba Panahan Tradisional Forda 1 Jatim yang berlangsung di Stadion Gajayana Malang, Sabtu (27/5/2023). (Foto: Achmad Fikyansyah/Times Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Lomba panahan tradisional dalam Festival Olahraga Rekreasi Daerah Jawa Timur (FORDA Jatim) memiliki banyak peminat. Jenis olahraga ini diikuti oleh 350 peserta yang berasal dari 16 kabupaten di Jawa Timur.

Panahan tradisional terbilang cukup unik, para pegiat olahraga harus memakai pakaian tradisional saat memanah. Mereka juga diharuskan untuk menggunakan busur panah tradisional buatan lokal.

Ketua komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) Forda 1 Jatim 2023, Heru mengatakan, olahraga ini, selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga mempunyai tujuan untuk melestarikan budaya bangsa.

"Karena tradisional, kita juga sebagai pelestari budaya bangsa, mereka diwajibkan berpakaian tradisional. Jadi alat untuk panahan tradisional adalah produk nasional," ucapnya Sabtu (27/5/2023).

Dia menyebut, para pegiat olahraga ini juga berasal dari beragam kalangan. Mulai dari polisi, dosen, wiraswasta, dan bahkan pelajar. Menurutnya, semakin banyak warga yang berminat dengan olahraga ini, maka hal ini akan mempunyai dampak baik bagi para pengerajin lokal.

"Karena ini dapat menghidupkan kembali usaha para pengerajin lokal. Karena kalau dalam kompetisi memanah saat ini, sebagian besar produknya adalah hasil impor," kata dia.

Heru menerangkan, dalam gelaran Forda ini,  panahan tradisional dibagi atas 4 kategori. Yakni dewasa laki-laki, dewasa perempuan, Anak-anak laki-laki, dan anak-anak perempuan.

"Yang masuk dalam kategori anak-anak yakni mereka yang umurnya di bawah 15 tahun," jelasnya.

Untuk jarak panah, pria yang juga sebagai ketua Persatuan Panahan Tradisional Indonesia (Perpatri) Jatim ini menyebut, kategori dewasa, ada 3 jarak panah yang ditetapkan. Yakni 50 meter, 40 meter, dan 30 meter. Sedangkan untuk anak-anak yakni 25 meter, 20 meter, dan 15 meter. 

Heru mengatakan, antusias para peserta dalam lomba ini sangat tinggi. Baik dalam kategori dewasa maupun anak-anak. Dia berharap, para peserta bisa bertanding dengan sportif. Dan dengan adanya gelaran seperti ini, nantinya akan melahirkan para pegiat olahraga profesional yang nanti dapat mengharumkan nama daerah.

"Jadi nanti dari kegiatan ini akan kami lihat siapa saja yang pantas untuk di kirim untuk maju ke Fornas (Festival Olahraga Rekreasi Nasional) pada bulan Juni mendatang di Jawa Barat," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.