Pendidikan

Tim Dosen POLINEMA Latih Warga Gunakan Steamer Baglog Jamur Tiram

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:50
Tim Dosen POLINEMA Latih Warga Gunakan Steamer Baglog Jamur Tiram Tim dosen POLINEMA yang melakukan pengabdian kepada masyarakat terkait budidaya jamur tiram. (Foto: Dok. Humas Polinema for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Tim dosen POLINEMA (Politeknik Negeri Malang) yang tergabung dalam Program PKM melatih warga menggunakan alat Steamer Baglog Jamur Tiram dengan baik dan benar.

Tim dosen terdiri dari lima orang, diketuai oleh Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT. dengan anggota Mila Fauziyah, ST., MT., Denda Dewatama, ST., MT., Kris Witono, ST., MT. dan Doddy Maulana,SE., M.T.

Tim dosen POLINEMA 2

Mereka melatih warga dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berada di lingkungan RT 01 RW 09 Dusun Klandungan Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan swadaya masyarakat, aktifitas Omah Jamur NKRI berbasis pada penanaman karakter kejujuran lebih digiatkan untuk aktifitas produksi dan diservikasi produksi.

Upaya produksi Jamur Tiram yang dikelola oleh warga yang dikoordinatori oleh Razak telah memberikan hasil panen secara rutin setiap hari dan dapat dimanfaatkan warga dengan harga murah.

Hasil panen dipasarkan dalam bentuk mentah dan hasil olahan abon jamur dengan melibatkan kelompok ibu, anggota dasawisma III Desa Landungsari Kecamatan Dau Kab Malang, walaupun dalam skala usaha kecil rumahan.

Usaha omah jamur NKRI ini memiliki kendala dalam penyiapan baglog sebagai media tanam jamur tiram dan keterbatasan pengetahuan tentang marketing.

Tim dosen POLINEMA 3

Untuk mengatasi kendala tersebut, tim dosen POLINEMA melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bermitra dengan Omah Jamur NKRI dan anggota kelompok dasawisma III Desa Landungsari Kecamatan Dau Kab Malang.

Pada program PPM skema Kemitraan Masyarakat ini, tim PPM menawarkan beberapa solusi diantaranya Teknologi Tepat Guna, pendampingan dan pelatihan pemasaran metode mix marketing untuk meningkatkan penjualan, pendampingan pengurusan izin merk dagang untuk usaha mitra (baglog), dan riset pendukung..

Tim dosen menyediakan alat Steamer Baglog dengan kapasitas 320 baglog sehingga proses budidaya akan lebih terjamin kontinyuitasnya. Mitra mendapatkan pelatihan dan pendampingan tentang Steamer Baglog agar dapat mengoperasikan alat dengan benar dan optimal.

Tim PPM ini juga memberikan edukasi tentang pemasaran, yang ditawarkan menjadi salah satu solusi untuk permasalahan mitra adalah metode mix marketing. Model yang dipilih adalah pengembangan model 4P (product, price, place, dan promotion).

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, terima kasih kepada tim PPM POLINEMA yang telah melatih kami untuk penggunaan mesin boiler dan steamer serta pelatihan budi daya jamur yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Rozak Mufti, koordinator usaha Jamur Tiram.

Ketua tim PPM, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma yang diharapkan semua karya yang dihasilkan di kampus bisa menjadi karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi karya di kampus bisa dibawa ke masyarakat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Yang kita lakukan adalah memberdayakan masyarakat. Ada upaya agar masyarakat memiliki kemampuan untuk mandiri paling tidak secara ekonomi. Diharapkan kegiatan PPM ini dapat ditindaklanjuti oleh masyarakat untuk budidaya jamur sebagai alternatif aktivitas yang bernilai ekonomi,” kata Direktur Polinema ini. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.