https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Sastra Inggris UIN Maliki Malang Gelar Webinar Sastra dan Linguistik

Kamis, 22 Juli 2021 - 15:41
Sastra Inggris UIN Maliki Malang Gelar Webinar Sastra dan Linguistik Suasana webinar Sastra dan Linguistik yang digelar oleh HMJ Sastra Inggris UIN Maliki Malang. (FOTO: Tangkapan Layar)

TIMES MALANG, MALANG – Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menggelar webinar Sastra dan Linguistik untuk mahasiswa semester 5 Prodi Sastra Inggris.

Tujuannya agar dapat memberikan pandangan dan gambaran tentang sastra dan linguistik. Hal itu dirasa penting karena pada semester 5, mahasiswa Prodi Sastra Inggris diharuskan memilih salah satu dari dua konsentrasi tersebut yaitu sastra dan linguistik.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Webinar tersebut dilangsungkan pada Kamis, (22/7/2021) pukul 08.30 WIB. Adapun pemateri dalam webinar tersebut yaitu Dr. Agwin Degaf, M.A. dan Muhammad Edy Thoyib, M.A. Keduanya merupakan Dosen Sastra Inggris UIN Maliki Malang.

"Materi webinar ini memiliki manfaat sebagai bekal informasi mahasiswa dalam menentukan konsentrasi dan objek kajian skripsi. Saya berharap mahasiswa dapat memilih konsentrasi sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki," ujar Rina Sari, M.Pd., Ketua Prodi Sastra Inggris dalam sambutannya.

Suasana-webinar-Sastra-dan-Linguistik2.jpg

Muhammad Edy Thoyib, M.A. memaparkan materi mengenai pentingnya memperlajari sastra. Ia menjelaskan, mempelajari sastra merupakan suatu keharusan karena membaca sastra dapat menumbuhkan imajinasi.

Selain itu, menulis sastra dapat membantu mempersiapkan siswa untuk berbicara tentang apapun, dan karya sastra dapat menantang pembaca untuk mengembangkan pemikiran yang lebih kritis.

Sastra memungkinkan baik penulis maupun pembaca untuk memiliki perspektif yang berbeda tentang bagaimana orang lain melihat dunia.

"Terdapat tiga lingkup kajian dalam sastra yaitu sejarah sastra, teori sastra, dan kritik sastra," kata Edy.

Dr. Agwin Degaf, M.A. memaparkan materi mengenai pengenalan linguistik. Ia menjelaskan, linguistik merupakan ilmu yang mempelajari bahasa sebagau alat komunikasi verbal manusia yang berwujud ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia atau tulisan sebagai representasi dari ujaran.

Suasana-webinar-Sastra-dan-Linguistik3.jpg

Cabang ilmu bahasa yang mengkaji elemen internal bahasa yaitu ada fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Kemudian cabang ilmu bahasa yang mengkaji keterkaitan bahasa dengan elemen luar bahasa yaitu ada sosiolinguistik, pragmatik, etnolinguistik, psikolinguistik, dan linguistik forensik.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Terdapat juga cabang ilmu bahasa yang bersifat terapan seperti leksikografi, penerjemahan, dan pengajaran bahasa," kata Dr. Agwin Degaf, M.A. sewaktu memaparkan materi dalam webinar yang digelar oleh HMJ Sastra Inggris UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.