Wisata

Bikin Adem, Ini 5 Wisata Curug Majalengka yang Lagi Hits

Minggu, 12 Februari 2023 - 13:33
Bikin Adem, Ini 5 Wisata Curug Majalengka yang Lagi Hits Objek wisata alam Curug Ibun Pelangi. (FOTO: Instagram curug ibun pelangi)

TIMES MALANG, MAJALENGKA – Sejuknya udara dan alam sekitar di lokasi wisata air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug, menjadi salah satu destinasi liburan favorit untuk merelaksasi diri.

Di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, banyak tersebar curug dengan pesona kecantikannya yang kerap dikunjungi wisatawan.

Bagi yang ingin berpetualang sekaligus hunting agar hasil foto eksotis sambil menikmati kesegaran alamnya. Berikut rekomendasi 5 wisata curug yang hits di Majalengka yang bisa dijadikan pilihan destinasi liburan di akhir pekan.

1. Curug Ibun Pelangi

Air terjun eksotis yang berlokasi di Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura ini wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, ketika desiran embun dari derasnya aliran air terjun tersinari matahari, maka akan terlihat pelangi di lokasi curug ini.

Karena itu, wisata ini diberi nama ibun pelangi yang artinya yaitu embun pelangi. Pantulan cahaya yang memasuki curug ini pun akan membentuk sebuah pelangi yang luar biasa indah.

Bagi yang ingin mengunjunginya, diperlukan persiapan stamina yang ekstra. Sebab, untuk sampai ke lokasi harus menuruni anak tangga cukup panjang dan berkelok.

Namun tak perlu khawatir, rasa lelah akan terbayar lunas saat anda menyaksikan pemandangan yang super indah yang ditampilkan curug ini.

2. Curug Cipeuteuy

Curug-Cipeuteuy.jpgObjek wisata alam Curug Cipeuteuy. (FOTO: Instagram curug cipeuteuy) 

Curug ini merupakan air terjun yang terletak di kawasan taman nasional Gunung Ciremai. Tepatnya berada di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi.

Di sini Anda dapat menikmati kesejukan air terjun yang tentunya masih memiliki lingkungan teduh dan asri hutan pinus di sekelilingnya. Dari air terjun utama yang mengalir ditampung sebuah kolam di bawahnya lalu diteruskan ke aliran yang melebar seperti tirai.

3. Curug Sawer

Untuk anda yang ingin mengunjungi curug satu ini, maka membutuhkan usaha yang luar biasa. Pasalnya, akses yang harus ditempuh ke titik lokasi memiliki track yang berliku dan juga panjang.

Jalur yang harus dilewati berupa tanjakan yang curam dan juga jalan yang bebatuan. Akan tetapi perjalanan tersebut akan terbayar ketika sesampai di lokasi. Anda akan disambut dengan indahnya pemandangan alami dari curug yang berada di Kampung Apuy, Desa Argamukti, wilayah Kecamatan Argapura ini.

Dinamakan Curug Sawer karena di sekitar bawah lokasi curug bertaburan percikan dari derasnya air yang mengalir turun ke permukaan bawah aliran sungai.

4. Curug Muara Jaya

Curug-Muara-Jaya.jpgObjek wisata alam Curug Muara Jaya. (FOTO: Instagram curug muara jaya)

Destinasi wisata Air Terjun Curug Muara Jaya lokasinya berada di lereng Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura.

Udara dingin khas pegunungan, pemandangan alam yang hijau dan air curug yang jernih akan me-refresh jiwa yang penuh akan kejenuhan. Sehingga, suasana alam yang menenangkan ini bisa langsung didapatkan ketika berkunjung ke tempat ini.

Curug ini memiliki tiga tingkat yang lokasinya berada di tengah lembah dan hutan. Namun meski begitu, curug ini tak pernah sepi pengunjung terutama saat menjelang waktu liburan.

5. Curug Kemuning

Curug Kemuning yang terletak Sukadana, Kecamatan Argapura ini walau memiliki ketinggian tidak seberapa namun memiliki keindahan yang mengagumkan.

Air terjun yang mengalir di dua tempat aliran berundak terlihat eksotis dan instagramable. Sangat layak bila dijadikan sebagai spot foto. Salah satu spot terbaik untuk berfoto di curug ini yaitu di batu besar, tepat di bawah air terjun.

Panorama alamnya juga sangat memikat, sehingga bagi pengunjung yang datang bakal betah dibuatnya.

Itulah 5 wisata curug di Majalengka yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Pesona kecantikan alam curug yang ditawarkannya bakal mampu memikat hati untuk dijadikan sebagai daftar pilihan destinasi liburan akhir pekan. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.