Berita

Kembali ke Malang Setelah 10 Tahun, Kakanim Galih: Siap Majukan Second Home dan Golden Visa

Jumat, 27 Januari 2023 - 15:26
Kembali ke Malang Setelah 10 Tahun, Kakanim Galih: Siap Majukan Second Home dan Golden Visa Prosesi serah terima jabatan Kepala Kantor Imigrasi Malang di Hotel Savana, Jumat (27/1/2023). (Foto: Dok. Kantor Imigrasi Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGGalih Priya Kartika Perdhana resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Malang (Kakanim Malang) usai melakukan serah terima jabatan dengan kepala lama, yakni Ramdhani di Hotel Savana Malang, Jumat (27/1/2023).

Sertijab tersebut dihadiri secara langsung oleh Forkopimda Malang serta Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari.

Dalam sambutannya, Galih mengatakan bahwa dirinya kini kembali lagi ke Malang setelah 10 tahun lalu sempat berada di Kantor Imigrasi Malang dan menjabat sebagai Kasi Lalu Lintas Keimigrasian Malang.

"Saya beserta istri bergabung kembali di Malang setelah 10 tahun lalu sempat ada di sini juga," ujar Galih.

Selama 10 tahun usai meninggalkan Kantor Imigrasi Malang, Galih sempat menjalani tugas di Malaysia hingga KJRI Davao City, Filipina. Kini, ia kembali ke Malang dan menerima jabatan tertinggi, yakni Kepala Kantor Imigrasi Malang.

Kepala Kantor Imigrasi Malang yang lama, yakni Ramdhani selanjutnya akan mengemban tugas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Saya mohon doa restu, bimbingan dan arahan semoga kami dapat menjalankan tugas amal sebaik-baiknya," ungkapnya.

Dua Program Kantor Imigrasi Malang

Imigrasi-Malang-2.jpg

Disinggung soal program 100 hari kerja, Galih menyebut bakal memprioritaskan program Kemenkumham pusat, yakni pengoptimalan dua program baru diantaranya, Second Home Visa dan Golden Visa.

Perlu diketahui, Second Home Visa atau rumah kedua ini secara resmi menyasar bagi para investor global. Apalagi, fenomena migrasinya orang asing ke Indonesia dengan berbagai tujuan akan lebih dimanfaatkan.

Untuk golden visa sendiri yang kini tengah dirancang, memang mirip dengan second home visa. Namun, bedanya adalah lebih berfokus memberikan fasilitas kegiatan penanaman mod dan pembangunan bagi para investor global.

Galih menegaskan, dua hal tersebut menjadi pusat dalam pemaksimalan kebijakan pemerintah pusat. Apalagi, Kantor Imigrasi Malang sebagai pelaksana tentu harus mendukung apa yang telah ditelurkan oleh pusat.

"Memajukan dua itu (Second Home Visa dan Golden Visa). Kan itu yang jadi fokus pemerintah pusat, kami sebagai unit pelaksana pasti kita lakukan itu," tegasnya.

Disisi lain, Galih juga akan meneruskan dan mempertahankan apa yang telah dilakukan oleh Kepala Imigrasi yang lama. Seperti halnya soal pelayanan dan prestasi yang telah diraih, yakni Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di tahun 2020 lalu.

Imigrasi-Malang-3.jpg

"Intinya adalah perbaikan di lini pelayanan. Jadi apa yang sudah ada kita tingkatkan kembali. Apalagi dunia sedang dilanda resesi, jadi kebijakan-kebijakan pusat harus kita maksimalkan," bebernya.

Jadi, apa yang diinginkan oleh Galih adalah bagaimana Imigrasi juga bisa membawa dampak positif terhadap perubahan ekonomi masyarakat melalui kebijakan yang telah ditelurkan.

"Kami akan mencoba mengaplikasikan dalam bentuk apapun dengan cakupan terbatas pada apa yang telah ditorehkan oleh pusat," ucapnya.

Sementara, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari berpesan agar implementasi program bisa segera dikejar setelah Galih resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Malang.

"Kami harap bisa bekerja profesional. Saya harapkan lebih, kami ingin pak Galih berlari bukan jalan santai. Semoga bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan bisa segera beradaptasi di lingkungan yang sebenarnya tidak baru bagi beliau," pungkasnya.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.