https://malang.times.co.id/
Berita

Pemenang Lomba Video dan BUM Desa Terbaik DPMD Jatim Terima Penghargaan di Gedung Negara Grahadi 

Minggu, 13 Oktober 2024 - 08:15
Pemenang Lomba Video dan BUM Desa Terbaik DPMD Jatim Terima Penghargaan di Gedung Negara Grahadi  Pj Gubernur Adhy Karyono menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba DPMD Jatim Kategori 'Best of The Best' dengan video berjudul 'Wisata Banyak Cerita', Sabtu (12/10/2024). (Foto: Dok. Humas DPMD Jatim)

TIMES MALANG, SURABAYA – Pemenang utama Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan dan BUM Desa Terbaik Provinsi Jawa Timur 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat Provinsi Jawa Timur (DPMD Jatim) menerima penghargaan langsung dari Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono.

Penghargaan diserahkan bertepatan saat Upacara Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur di Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (12/10/2024).

Sebelumnya, para pemenang diundang dalam acara Temu Karya Pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan dan BUM Desa Terbaik Provinsi Jawa Timur 2024 di Quest Hotel Surabaya, Jumat (11/10/2024) malam.

Kepala DPMD Jatim, Ir. Budi Sarwoto, M.M pada kesempatan itu membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/385/KPTS/013/2024 Tentang Pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. 

Sedangkan Pemenang Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/444/KPTS/013/2024.

Kepala DPMD Jatim Ir. Budi Sarwoto, M.M sangat mengapresiasi keterlibatan para peserta. Lomba tahunan ini bertujuan memberikan motivasi kepada BUM Desa dan tim video kreatif yang saat ini banyak tumbuh di pedesaan. Tentunya, agar mereka bisa semakin  meningkatkan daya kreasi dan inovasi.

Para pegiat desa ini juga diharapakan dapat meningkatkan status desanya. Dari desa pemula menjadi desa berkembang dan desa berkembang menjadi desa maju. 

Ia mendorong pemerintah desa agar terus bertransformasi ke arah digitalisasi sebagai wahana promosi. Media sosial telah menjadi sarana efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mengeksplorasi potensi masing-masing daerah. Keberadaan tim kreatif dapat turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Jatim.

"Para videografer bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi terutama kawasan pedesaan. Misal mengangkat keberhasilan yang telah diraih maupun intervensi sejumlah permasalahan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi," kata Ir. Budi Sarwoto, M.M.

Lomba-Video-Kreatif-Usaha-Ekonomi-Perdesaan-2.jpgKepala DPMD Jatim sekaligus Pjs Bupati Pacitan Ir. Budi Sarwoto, M.M bersama para pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan dan BUM Desa Terbaik Provinsi Jawa Timur 2024, Sabtu (12/10/2024).(FOTO: Dok.Humas DPMD Jatim)

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, peningkatan ekonomi di provinsi ini memang cukup luar biasa impresif dan mencatat angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Jawa.

Pada semester pertama tahun 2024, nilainya sudah mencapai 4,98 persen year on year (YoY) dan merupakan nomor dua nasional atau berkontribusi sebesar 25,30 persen terhadap perekonomian Indonesia. 

Begitu pula angka kemiskinan di Jatim bahkan sudah berada di bawah 10 persen (9,79 persen) per Maret 2024. Total 206.102 jiwa penduduk bebas dari status kemiskinan dan berkontribusi 30,34 persen terhadap penurunan kemiskinan nasional. Tak kalah penting, jumlah Desa Mandiri di Jatim turut meningkat fantastis. 

"Angka peningkatannya sangat luar biasa sejumlah 1.219 Desa Mandiri Baru di Jatim atau naik 43,5 persen. Saat ini total 4.019 Desa Mandiri di Jatim dan merupakan tertinggi di Indonesia," ujar Ir. Budi Sarwoto, M.M.

Atensi Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap pemberdayaan dan kemandirian desa secara ekonomi juga berbuah manis dengan diraihnya penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sejauh ini, kata Ir Budi Sarwoto, upaya Pemprov Jatim dalam mengembangkan desa sudah terlihat. Jatim tercatat berhasil bebas dari desa tertinggal dan sangat tertinggal. 

Upaya-upaya tersebut dilakukan untuk memajukan dan mewujudkan kemandirian desa serta mewujudkan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Ir Budi Sarwoto menambahkan, para pemenang lomba ini dapat menjadi pengungkit ekonomi kemandirian desa dengan memaksimalkan potensi masing-masing melalui karya. BUM Desa turut diharapkan dapat menjalin sinergitas bersama tim video untuk menghasilkan konten kreatif.

"Banyak BUM Desa kita sebetulnya memiliki produk-produk yang layak untuk dipasarkan tidak hanya di lingkup desa, tetapi juga lintas kabupaten, luar desa bahkan tingkat nasional. Bahkan Jatim sudah mengembangkan Desa Devisa, sehingga apabila kita masih menggunakan pola pemasaran konvensional, maka pangsa pasarnya akan terbatas," jelas Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pacitan ini. 

Maka dari itu, DPMD Jatim menggandeng tim video kreatif untuk bisa memasarkan produk-produk BUM Desa melalui konten. Saat ini total ada 6.638 unit BUM Desa di Jatim. Ada lagi 502 BUM Desa Bersama (BUM Desma) yang fokus pada Lembaga Keuangan Desa (LKD).

"Tentunya saat ini talenta-talenta muda di desa-desa ini sudah sedemikian pandai mengoperasionalkan peralatan video atau memproduksi video kreatif dan bisa kita manfaatkan pemasaran dari produk BUM Desa itu sendiri," ujarnya.

Lomba-Video-Kreatif-Usaha-Ekonomi-Perdesaan-3.jpg

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan BUM Desa Podo Makmur, Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar yang telah berhasil menjuarai Terbaik I Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 dengan Kategori Cepat Tumbuh yang diadakan DPMD Jatim, Sabtu (12/10/2024).(FOTO: Dok.Humas DPMD Jatim)

Daftar Kategori Pemenang Lomba DPMD Jatim

Ada tiga kategori pemenang Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Kategori Cepat Tumbuh, Kategori Bermanfaat, serta Kategori Unik dan Inovatif. 

Untuk Pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 ada lima kategori. Meliputi Kategori Best of The Best, Kategori Ide dan Konsep Terbaik, Kategori Kreativitas dan Inovasi Terbaik, Kategori Komersil Terbaik dan Kategori Pilihan Pemirsa. Para pemenang utama masing-masing lomba mendapat kesempatan menerima penghargaan langsung dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono.

Dalam Upacara Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur, Pj Gubernur Adhy Karyono mengapresiasi kerja keras dan pengorbanan seluruh pihak dalam membangun Jatim sejalan dengan motto Jer Basuki Mawa Beya. 

"Pepatah ini mengajarkan bahwa setiap keberhasilan, kesuksesan, kebahagiaan maupun kesejahteraan membutuhkan kerja keras, effort, dan bahkan membutuhkan pengorbanan," kata Pj Gubernur Adhy Karyono dalam amanatnya. 

Berbagai upaya itu berhasil menorehkan prestasi dan apresiasi serta penghargaan skala nasional maupun internasional dengan catatan capaian membanggakan di berbagai sektor. 

"Ini merupakan bukti nyata, buah dari optimisme, gerak bersama, kerja bersama, yang dampaknya telah dirasakan secara langsung oleh seluruh masyarakat Jatim," tambahnya. 

Berikut Pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan Provinsi Jawa Timur Tahun 2024:

Desa Sendangduwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan berhasil menjuarai Kategori Best of The Best dengan judul video "Wisata Banyak Cerita".

Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember memenangkan Kategori Ide dan Konsep Terbaik dengan judul video "Gradasi Tak Terduga".

Sementara pemenang Kategori Kreativitas dan Inovasi Terbaik adalah Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi dengan judul video "Sidorejo The Hidden Spirit Rhythm."

Desa Bakung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar berhasil meraih Kategori Komersil Terbaik dengan judul video "Independent Bakung." Sedangkan Kategori Pemilihan Pemirsa dimenangkan oleh Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan dengan judul video "Potensi Desa Sumberejo."

Para pemenang mendapat hadiah Trophy Gubernur Jawa Timur, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan.

Berikut Pemenang Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 :

Pemenang Terbaik I Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 dengan Kategori Cepat Tumbuh adalah BUM Desa Podo Makmur, Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Sedangkan Terbaik II adalah BUM Desa Maju Sejahtera, Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. 

Pemenang Terbaik I Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 dengan Kategori Bermanfaat adalah BUM Desa Bangkit Prima, Desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek.

Pemenang Terbaik II Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 dengan Kategori Bermanfaat adalah BUM Desa Tani Makmur, Desa Jatipunggur, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

Sedangkan Kategori Unik dan Kreatif Terbaik I dimenangkan oleh BUM Desa Pagerungan Jaya, Desa Pagerungan Besar, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. 

Kategori Unik dan Kreatif Terbaik II dimenangkan oleh BUM Desa Berkaho, Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Masing-masing pemenang mendapat Trophy dan Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Timur serta uang pembinaan.

"Lomba ini disenggarakan dalam rangka Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur," kata Kepala DPMD Jatim Ir Budi Sarwoto, M.M, menambahkan.

Diketahui, forum malam temu karya ini sekaligus menjadi sarana bertukar pikiran dan informasi antar pemenang, yang dihadiri kepala desa, Direktur BUM Desa dan tim kreatif masing-masing.

Selain itu, para peserta juga mendapat materi dari narasumber berkompeten seperti cara membuat video kreatif dan pengelolaan media sosial. Sebelumnya, peserta dari BUM Desa juga sudah mendapat pelatihan kewirausahaan. Nantinya untuk tim videografi akan menerima sertifikat profesi.(ADV)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.