https://malang.times.co.id/
Berita

Sivitas Fakultas Pertanian UB Ukir Prestasi di Tingkat Internasional

Kamis, 09 Mei 2024 - 19:18
Sivitas Fakultas Pertanian UB Ukir Prestasi di Tingkat Internasional Dua laboran dari FB UB yang berhasil mengukur prestasi dalam 2nd International Laboratory Innovation Seminar 2024’ di Universiti Malaysia Terengganu, Malaysia. (Foto: Humas UB for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Prestasi gemilang kembali diraih oleh sivitas akademika Universitas Brawijaya (UB). Kali ini, dua laboran dari Departemen Hama dan Penyakit Tanaman (HPT) serta Departemen Tanah, Fakultas Pertanian UB berhasil meraih medali dalam 2nd International Laboratory Innovation Seminar 2024’ di Universiti Malaysia Terengganu, Malaysia.

Keduanya yakni  Istaniyah Huda dan M. Taufik Hidayat.  Istaniyah Huda berhasil mendapat medali perak setelah membawakan presentasi makalahnya yang berjudul “Teknologi Pengendalian Pertumbuhan Bakteri Patogen dengan Beetroot (Beta vulgaris L) secara in Vitro.”

Dalam presentasinya, Istaniyah membahas tentang penggunaan Beetroot (Beta vulgaris L) dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri patogen secara in vitro.

"Metode ini menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menangani masalah bakteri patogen pada tanaman, yang sering kali menjadi penyebab kerugian besar dalam pertanian," ujarnya.

Sementara itu, M Taufik Hidayat berhasil meraih medali perunggu dalam kompetisi yang digelar pada awal Bulan Mei 2024 itu. Taufiq menyuguhkan makalah berjudul “Analisis Multidimensional Scale (MDS) untuk Menilai Media Praktikum Irigasi Otomatis di Smart Greenhouse Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya".

Makalah yang dibuat membahas tentang penggunaan analisis Multidimensional Scale (MDS) dalam mengevaluasi media praktikum irigasi otomatis di Smart Greenhouse.

"Metode ini memberikan pengukuran yang lebih holistik dan mendalam terhadap kualitas media praktikum, memungkinkan peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran mahasiswa di bidang pertanian," katanya.

Kedua inovasi yang dibawakan oleh Istaniyah dan Taufik ini tidak hanya memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian, tetapi juga menunjukkan potensi besar dari tenaga laboratorium dalam menghasilkan inovasi yang berdampak luas. Dengan prestasi ini, UB semakin memantapkan posisinya sebagai pusat riset dan inovasi yang berperan dalam memajukan sektor pertanian. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.