Berita

Tabloid Anies Baswedan Viral, Tersebar di Masjid Kota Malang

Senin, 19 September 2022 - 15:47
Tabloid Anies Baswedan Viral, Tersebar di Masjid Kota Malang Tabloid milik KBA Newspaper yang mengulas tentang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGTabloid Anies Baswedan tersebar di masjid Kota Malang. Lokasinya berada di Masjid Al-Amin, Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang.

Tabloid Anies Baswedan beredar di Malang berawal dari unggahan pemilik akun Twitter @AkuAtikaFaya. Ia membagikan pengalamannya yang kaget setelah melihat ada tabloid yang isinya hanya soal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ternyata, tabloid tersebut didapatkan oleh sang suami ketika pulang salat Jumat di salah satu masjid di Kota Malang.

"Kaget dirumah ada tabloid kek gini, isinya cuma tentang @aniesbaswedan. Oalah, taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin. Keknya model kampanye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang lo guys, gimana ditempat kalian ada juga kah," cuit akun Twitter @AkuAtikaFaya, Minggu (18/9/2022). 

Tabloid-milik-KBA-Newspaper-a.jpgTabloid milik KBA Newspaper yang mengulas tentang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Postingan Twitter tersebut mendapat respons dari netizen. Setidaknya dikutip 206 akun, 707 retweet dan 1.765 menyukai.

Salah satu akun @yarachantique me-reply postingan tersebut "Kampanye model DKI mulai dipake lagi. Siap-siap ya."

Saat ditelusuri, masjid yang membagikan tabloid yang berisikan tentang Anies Baswedan tersebut, yakni Masjid Al-Amin yang terletak di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang.

TIMES Indonesia pun mencoba mendatangi lokasi. Akan tetapi, saat tiba di masjid, tak ada satu orang pun ada disana.

Menurut warga sekitar, sang takmir sedang bekerja dan tidak berada di lokasi masjid. Namun, warga pun membenarkan jika memang Jumat lalu seusai salat Jumat, di masjid tersebut seluruh jamaah diberi tabloid tersebut.

Salah satu warga bernama Suroso mengatakan, seluruh jamaah yang salat di masjid tersebut diberi tabloid tersebut secara langsung saat hendak pulang.

Masjid-Al-AMin.jpgLokasi masjid yang diduga membagikan tabloid Anies Baswedan. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

"Kabeh (semua) disuruh bawa kok. Pak takmir langsung dari depan bagino (bagikan) itu (tabloid Anies Baswedan)," ujar Suroso, Senin (19/9/2022).

Ia mengaku tak membaca tabloid tersebut setelah diberi. Menurut Suroso, hal ini nantinya akan ramai diperbincangkan, sehingga ia tak mau tahu apa isi di dalamnya.

"Pokok tak lipet, nggarai rame ngene Iki (bikin ramai kayak gini)," tegasnya.

Kemudian, TIMES Indonesia berhasil mendapatkan tabloid tersebut dari warga. Tertulis di halaman depan, tabloid tersebut milik KBA newspaper edisi 02 tertanggal 28 Februari 2022.

Nampak depan tabloid tersebut pun terpampang wajah Anies Baswedan secara penuh dengan tulisan atau judul "Mengapa Harus Anies?".

Tabloid dengan 12 halaman tersebut ternyata memang hanya berisikan tentang Anies Baswedan. Seluruhnya jika dilihat satu persatu isi tulisan tabloid tersebut, memperlihatkan bagaimana mengangkat Anies Baswedan selama menjadi Gubernur DKI dengan segudang prestasi.

Adapun isi tabloid tersebut, seperti halnya "Komunikasi Politik: Antara ARB dan ABW, Anies Sajalah", "Membawa Anies Sampai Pelosok Negeri" hingga "Anies Baswedan's Signature Leadership Style. Original, Creative, Authentic, And Out Of The Box Approach".

Sementara, melalui Direct Message (DM), akun Twitter @AkunAtikaFaya menyebutkan bahwa memang hampir seluruh jamaah mendapatkan tabloid tersebut, kecuali anak-anak.

"Kata suami jumlah tabloid hampir semua jamaah dapat, kecuali anak-anak gak dikasih," katanya.

Secara kronologi, ceritanya persis seperti apa yang telah diposting oleh dia di akun Twitternya. Menurut kata suaminya, ada beberapa pengurus masjid mengambil sejumlah eksemplar tabloid dari tempat khotbah untuk dibagikan.

"Iya ngambil beberapa eksemplar tabloid dari tempat khotbah, terus dibagikan ke jamaah pulang salat Jumat. Gitu saja. Tidak ada anjuran atau ajakan apa-apa. Khotbah juga biasa gak ada pembasahan itu," ujarnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.