https://malang.times.co.id/
Berita

5,7 Juta Boks Makanan Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:31
5,7 Juta Boks Makanan Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia di Madinah Suasana dapur katering untuk konsumsi jemaah haji asal Indonesia dengan menu nusantara. (Foto: MCH 2023)

TIMES MALANG, MADINAH – Jutaan boks makanan disiapkan untuk konsumsi jemaah haji 2023 asal Indonesia. Kepala Seksi Layanan Konsumsi Daerah Kerja (Daker) Madinah, Suviyanto mengatakan, makanan untuk jemaah haji Indonesia di Madinah mencapai 5,7 juta boks.

"Untuk gelombang pertama, ada 2,6 juta boks, dengan perhitungan 98.000 jemaah haji, untuk sembilan hari, dan sehari tiga kali," ujar Suviyanto saat mengunjungi salah satu dapur katering di Madinah, Sabtu (27/5/2023).

Sedangkan untuk jemaah haji gelombang kedua, jumlah makanan yang disediakan mencapai 2,8 juta boks karena jumlah jemaah mencapai 114.000 orang.

Hingga total kebutuhan konsumsi jemaah haji 2023 asal Indonesia di Madinah mencapai 5,7 juta boks.

Makanan tersebut akan didistribusikan pada jam-jam tertentu. Untuk sarapan maksimal didistribusikan pukul 05.00-07.00, makan siang pukul 12.00-14.00, makan malam pukul 17.00-19.00 Waktu Arab Saudi.

dapur-katering-jemaah-Haji.jpg

Suviyanto menambahkan, jemaah haji 2023 asal Indonesia yang sudah mendapatkan jatah makan diminta untuk segera mengonsumsinya. J
Alias, jangan sampai melewati batas waktu yang tertera di dalam kemasan.

"Untuk sarapan jangan dikonsumsi lebih dari jam 09.00, makan siang jangan lebih dari jam 16.00, dan makan malam maksimal jam 21.00 WAS," paparnya.

Menu Makanan untuk Jemaah Haji

Makanan untuk jemaah haji 2023 asal Indonesia, lanjut Suviyanto, akan memanjakan lidah jemaah. Sebab menu yang dipilih merupakan makanan nusantara yang sudah akrab dengan lidah orang Indonesia.

Seperti nasi kuning, nasi uduk, oreg tempe, ayam woku, tumis jamur, dan lainnya. Untuk menjaga cita rasa dan kandungan gizi di dalamnya, di setiap dapur terdapat satu chef Indonesia.

dapur-katering-jemaah-Haji-a.jpg

Begitupun di PPIH, ditempatkan dua chef Indonesia. Mereka akan melakukan tester untuk menjamin cita rasa masakan Indonesia.

Apalagi bahan yang digunakan sengaja dikirim dari Tanah Air. Seperti bumbu-bumbu, garam, gula, hingga minyak goreng.

"Tapi untuk bahan baku seperti beras, ikan, belum dari Indonesia. Mdah-mudahan tahun depan bisa dikirim dari Indonesia," ungkapnya terkait menu makanan untuk jemaah haji 2023 asal Indonesia. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.