TIMES MALANG, MALANG – Menciptakan personal branding bukan hal yang sulit bila sudah tahu strategi dan cara membuatnya. Di Polinema (Politeknik Negeri Malang) khususnya Program Studi D4 Komunikasi Bisnis dan Profesional (BIKBP), mahasiswa sudah mendapat materi strategi membuat Personal Branding di Media Sosial di mata kuliah Introduction to Business Communication.
Hal ini dikarenakan salah satu profesi yang diharapkan menjadi pilihan setelah mahasiswa menjadi alumni adalah menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Oleh karena itu mahasiswa diberikan motivasi untuk mulai berwirausaha dan mencoba menjalankan bisnis sejak masih menjadi mahasiswa semester satu.
Di mata kuliah Introduction to Business Communication, dosen memotivasi mahasiswa untuk mulai merencanakan bisnis yang menjadi passion, membuat personal branding di media sosial, dan mempraktikkan di kelas. Ini memacu mahasiswa benar-benar termotivasi dan tertantang untuk merealisasikan usaha impian yang dimiliki.
Salah satu alumni prodi D4 BIKBP Polinema Angkatan 2019/2020, Salsabila Nadya Saphire Azzura yang akrab dipanggil Nadya sukses dengan bisnis pet shop di daerah Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Miko Pet shop dikelola Nadya sejak tahun 2021 sewaktu masih kuliah di semester 5. Hingga kini usaha pet shop Nadya telah memiliki 7 orang karyawan. Nadya masih akan mengembangkan usahanya menjadi Pet Shop, Grooming, Vet Clinic, & Pet Hotel.
Nadya berpendapat tentang materi dan praktik membuat Personal Branding yang dia ikuti semasa menjadi mahasiswa di D4 BIKBP Polinema, “Personal branding ini sangat penting apalagi di zaman modern seperti sekarang. Manfaat personal branding yang sudah saya pelajari di kelas banyak banget. Kemudian saya terapkan di usaha pet shop. Saya membangun personal branding di media sosial Instagram dengan menyayangi hewan peliharaan anjing, kucing, dan hewan lain.”
Lebih lanjut Nadya mengatakan, hal positif utama yang diperoleh setelah berkuliah di program D4 Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Polinema adalah kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan dengan baik.
"Karena setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda dan sekaligus treatment yang berbeda. Saya sendiri juga memahami satu hal yang pernah saya pelajari di bangku kuliah, yaitu menghafalkan bagaimana kebiasaan atau background pelanggan tersebut untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini bisa menimbulkan keterikatan saya dengan pelanggan pet shop Miko," ucapnya.
Pelajaran lain yang saya dapatkan dari prodi D4 BIKBP Polinema adalah belajar tentang dunia bisnis, cara menghandle pegawai dan juga cara membuat promosi, seperti brosur, flyer dan promosi lain. Semua tentang strategi marketing yang saya pelajari di bangku kuliah membantu saya untuk terjun ke dunia bisnis.
Sebagai alumni yang sudah berhasil Nadya berpesan untuk adik-adik tingkatnya agar mempelajari dan menerapkan personal branding untuk tujuan positif, yakni mulai merintis bisnis sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen dan sekaligus mempromosikan brand yang dimiliki.
“Kalau semisal ingin buka usaha di usia muda, sebetulnya yang paling susah itu masalah konsistesi. Sebagai contoh: konsisten utk kerja keras maupun kerja cerdas, konsisten memiliki keinginan untuk mengembangkan usaha, konsisten untuk promosi,” kata Nadya. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Menerapkan Ilmu di Bangku Kuliah, Alumni Polinema Sukses Bisnis Pet Shop
Pewarta | : Hiqma Nur Agustina (MG) |
Editor | : Wahyu Nurdiyanto |