Hukum dan Kriminal

Polisi Telusuri Jam Tangan Mewah Wahyu Kenzo Senilai Rp14 Miliar

Jumat, 17 Maret 2023 - 12:00
Polisi Telusuri Jam Tangan Mewah Wahyu Kenzo Senilai Rp14 Miliar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto saat ditemui awak media. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Polisi terus menelusuri aset-aset milik Wahyu Kenzo yang diduga didapatkan dari hasil robot trading Auto Trade Gold (ATG).

Terbaru, ada sejumlah aset mewah milik Wahyu Kenzo yang telah terlacak oleh pihak kepolisian.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, dari hasil pemeriksaan lebih lanjut kini telah terdeteksi sejumlah aset mobil mewah hingga jam tangan mewah milik Wahyu Kenzo yang telah digadaikan oleh dijual kepada seseorang.

"Dari hasil pemeriksaan tambahan dari Wahyu Kenzo, ada beberapa unit sport car atau mobil mewah dan jam tangan mewah yang sudah digadaikan dan dijual kepada seseorang," ujar pria yang akrab disapa Buher, Jumat (17/3/2023).

Aset berupa mobil mewah dan jam tangan mewah tersebut bernilai cukup fantastis. Buher menyebutkan, aset-aset mewah tersebut ada yang bernilai Rp8 miliar hingga Rp14 miliar.

"Nilainya bisa berkisar Rp14 miliar (untuk harga jam tangan) dan ada kendaraan berkisar harga Rp8 miliaran," katanya.

Untuk sportcar atau mobil mewah yang terdeteksi oleh pihak kepolisian, diantaranya seperti jenis Roll Royce, Ferrari, Lamborghini hingga Mercedes Benz AMG G 63.

"Ini (terlacak) ada beberapa unit sport car dari Wahyu Kenzo seperti mobil Roll Royce, Ferrari, beberapa Lamborghini dan AMG G-63 (Jeep)," ungkapnya.

Di sisi lain, Buher membeberkan bagaimana cara Wahyu Kenzo mengelabui para membernya dan membuat mereka percaya.

Bisnis robot trading ATG yang berjalan sejak masa Covid-19 ini memang menjadi dalih baginya untuk mempengaruhi masyarakat yang terdesak ekonomi dan ingin mencari jalan pintas.

"Di situlah memanfaatkan situasi, psikologi masyarakat, sehingga percaya akan duit instan," tuturnya.

Bahkan, tipu daya Wahyu Kenzo memamerkan kedekatan dengan sejumlah tokoh penting pun juga menjadi pengaruh besar untuk mendapat kepercayaan masyarakat ataupun para membernya.

"Pola yang dilakukan tersangka ini cari kedekatan dengan tokoh dan pejabat, sehingga memberikan kepercayaan kepada para member. Sekedar foto saja sudah memberikan dampak besar memang," ucapnya.

Sementara, Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga menyebut sudah ada sejumlah aset lain yang juga terdeteksi dan sudah diamankan.

Kini, setidaknya ada 8 kendaraan yang berhasil disita oleh kepolisian. Diantaranya, ada tiga mobil jenis BMW M4, Toyota Innova dan Toyota Alphard. Kemudian, ada tiga Vespa matic jenis Sean Wotherspoon edition, Justin Bieber Edition dan 946 Christian Dior. Lalu, ada dua motor gede (moge) jenis BMW R Nine T dan Harley-Davidson Road Glide.

"Wahyu Kenzo sudah menunjukkan beberapa aset, tapi dokumen belum kami pegang. Ada tiga bangunan di salah satu perumahan, itu harus kita cek dulu apakah milik dia (WK) atau diatasnamakan orang lain," ujarnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.