News Commerce

Kekurangan iPhone 14 Pro Max yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli

Senin, 16 Januari 2023 - 16:33
Kekurangan iPhone 14 Pro Max yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli iPhone 14 Pro Max. (FOTO: Joe Maring/Digital Trends)

TIMES MALANG, JAKARTAiPhone 14 Pro Max menjadi seri iPhone 14 terbaik yang beredar sekarang ini. Bukan hanya karena spesifikasi gadgetnya, tapi juga karena fitur dan sensasi yang ditawarkan, yang memberikan pengalaman maksimal bagi penggunanya.

iPhone 14 Pro Max juga menjadi salah satu seri iPhone 14, yang dirilis pada akhir tahun 2022 lalu, dengan harga paling mahal. Untuk iPhone 14 Pro Max dengan kapasitas 128 GB, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp21.999.000, sementara varian termahal yaitu iPhone 14 Pro Max 1 TB dengan harga Rp32.999.000. Anda bisa membelinya di Blibli.

Dari spesifikasinya, iPhone 14 Pro Max menawarkan jaringan 5G. Dimensinya cukup lega, 160.7 x 77.6 x 7.9 mm dengan bobot 240 gram. Dibekali fitur IP68 (hingga 6 m selama 30 menit), Gorilla Glass (penutup belakang dan bagian depan), stainless steel (rangka) dan Apple Pay. Untuk layarnya, dengan ukuran 6,7", refresh rate 120Hz dan resolusi 1290 x 2796 piksel, kerapatan 460 ppi dan proteksi kaca keramik anti gores dan lapisan anti minyak, iPhone 14 Pro Max dibekali layar LTPO Super retina XDR OLED yang sangat terang dan nyaman.

iPhone 14 Pro Max juga dibekali chipset Apple A16 Bionic dengan CPU Hexa-core (2x3.46 GHz Avalanche + 4x Blizzard) dan Apple GPU (5-core graphics), yang memungkinkan Anda bisa memaksimalkan potensi smartphone semaksimal mungkin. Dengan memori 6 GB dan pilihan memori internal dari 128 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB, Anda tidak perlu khawatir dalam menyimpan semua tipe file yang Anda miliki.

Kamera iPhone 14 Pro Max juga termasuk keluaran terbaik. Dibeli tiga kamera belakang, dengan konfigurasi 48 MP (wide) f/1.5 12 MP (telephoto) f/2.8 dan 12 MP (ultrawide) f/2.2 dengan MP (ToF Lidar), plus satu kamera depan 12 MP (wide), fitur yang ditawarkan sudah jauh lebih dari cukup untuk membuat penggunanya terkesan sebagai fotografer atau videografer profesional.

Dengan spesifikasi maksimal, iPhone 14 Pro Max ditenagai baterai Li-ion 4323 mAh dengan fitur fast charging, 50% dalam 30 min, USB Power Delivery 2.0, MagSafe wireless charging 15W dan Qi magnetic fast wireless charging 7.5W. Fitur pelengkap iPhone 14 Pro Max seperti SOS Darurat via satelit dan sensor face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Ultra Wideband (UWB) support menyempurnakan smartphone ini.

Spesifikasinya luar biasa, bukan? Bahkan, iPhone 14 Pro Max diklaim memiliki build quality yang mengesankan, dengan layar cerah berkat Always-on-Display dan performa chipset Apple A16 Bionic yang sangat mendukung untuk setiap aktivitas. Belum lagi kualitas kamera juga layak diacungi jempol dan fitur keamanan yang bisa diandalkan.

Namun, iPhone 14 Pro Max bukannya tidak memiliki kelemahan. Di bawah ini adalah sejumlah hal yang mungkin harus masuk dalam pertimbangan sebelum Anda memiliki seri iPhone 14 termahal ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kesan tebal dan berat pada bodi

Harus diakui bahwa spesifikasi yang ditawarkan iPhone 14 Pro Max memang luar biasa. Namun, hal ini juga memiliki pengaruh besar pada dimensi dan bobot dari smartphone itu sendiri.

Secara dimensi, iPhone 14 Pro Max memiliki ukuran 160.7 x 77.6 x 7.85 mm. Bobot smartphone secara keseluruhan juga mencapai 240 gram. Materi yang digunakan juga stainless steel pada rangka bodi, serta kaca pada depan dan belakang, yang memunculkan kesan berat. Kaca keramik juga disematkan di bagian depan untuk meningkatkan ketahanan kala smartphone terbentur secara sengaja atau tidak sengaja.

2. Tidak memiliki USB C

Meski USB C sudah menjadi standar charging port secara internasional sejak Juni 2022, iPhone 14 Pro Max masih belum menerapkan teknologi ini. Sebaliknya, Apple masih menyematkan teknologi lawas mereka dengan menggunakan port Lightning.

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang bisa disayangkan, mengingat produk Apple teranyar lainnya, seperti MacBook dan iPad Pro terbaru sudah mengadopsi teknologi port universal USB C. Itu berarti, jika Anda membawa serangkaian produk Apple kala melakukan perjalanan panjang, harus membawa sejumlah kabel charging, disesuaikan dengan port yang tersedia.

3. Baterai kurang bisa diandalkan

Kapasitas baterai yang dimiliki iPhone 14 Pro Max terbilang lega, yaitu Li-Ion 4323 mAh. Fitur yang dimiliki juga lengkap, dari fast charging, 50% dalam 30 min, USB Power Delivery 2.0, MagSafe wireless charging 15W dan Qi magnetic fast wireless charging 7.5W.

Namun, sejumlah reviewer menilai baterai iPhone 14 pro Max jauh lebih cepat habis ketimbang pendahulunya, walau masih tetap bisa bertahan digunakan selama sehari penuh. Baterai yang mudah terkuras habis disinyalir datang dari fitur Always-on-Display. Selain itu, pemakaian di luar ruang juga secara tidak langsung mengaktifkan peningkatan kualitas layar, terutama tingkat kecerahan. Dengan meningkatnya kecerahan layar, otomatis ikut mengambil daya yang ada di baterai.

Selain itu, teknologi yang disematkan Apple untuk pengisian daya terbilang tidak maksimal. Dalam pengisian daya, teknologi hanya mendukung masukan daya cepat sebesar 20W. Dibanding smartphone flagship lainnya, teknologi ini terbilang ketinggalan.

4. Dynamic Island juga tidak sempurna

Dynamic Island menjadi fitur andalan iPhone 14 series, termasuk iPhone 14 Pro Max. Namun demikian, fitur ini bukannya tanpa kekurangan. Dalam hal minimnya opsi perintah yang dimiliki, pengguna masih harus masuk aplikasi utama ketimbang via Dynamic Island. Apple sepertinya masih harus memaksa pengembang aplikasi untuk memaksimalkan potensi Dynamic Island.

Selain itu, Dynamic Island berpotensi gampang kotor karena sidik jari pengguna. Untuk memastikan mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan kamera depan, mungkin pengguna harus sering-sering membersihkan kamera depan.

Itulah sejumlah kekurangan yang dimiliki iPhone 14 Pro Max, yang bisa menjadi perhatian Anda. Namun dengan potensi yang ditawarkan smartphone flagship dari Apple ini, sepertinya kekurangan tersebut masih bisa ditutupi. Dapatkan iPhone 14 Pro Max di Blibli sekarang juga! (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.