https://malang.times.co.id/
Berita

Rektor UIN Malang: Membangun Desa Tidak Hanya Segi Fisik, Tapi Juga Non-Fisik

Rabu, 18 September 2024 - 19:05
Rektor UIN Malang: Membangun Desa Tidak Hanya Segi Fisik, Tapi Juga Non-Fisik Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin saat berada dalam FGD Forum LPPM PTN Se-Jawa Timur yang digelar di Ijen Suites Resort & Convention, Kota Malang, Rabu (18/9/2024). (Istimewa)

TIMES MALANG, MALANG – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA menekankan, pembangunan di Jawa Timur tidak boleh hanya berfokus pada pembangunan fisik saja. Hal itu dia sampaikan dalam FGD Forum LPPM PTN Se-Jawa Timur yang digelar di Ijen Suites Resort & Convention, Kota Malang, Rabu (18/9/2024).

Prof. Zain memaparkan, kontribusi perguruan tinggi di tengah masyarakat sangat krusial. Adanya campur tangan perguruan tinggi dalam pembangunan masyarakat, akan turut memajukan indeks kesejahteraan Indonesia. Salah satu kolaborasi yang sering dilakukan perguruan tinggi ialah pelaksanaan KKM di desa-desa di seluruh wilayah Jawa Timur.

“Membangun desa tidak hanya dalam segi fisik, tapi juga non-fisik,” tegas Rektor UIN Malang

Pembangunan fisik, lanjut rektor UIN Malang, biasanya dinilai dari penataan desa, gapura, dan fasilitas-fasilitas lainnya. “Pembangunan non-fisik sering diabaikan,” imbuhnya.

Dia pun menerangkan ada berbagai hal non fisik yang penting untuk dibangun oleh para akademisi di desa-desa. Dimana hal itu akan mempunyai dampak yang luar biasa bagi masyarakat. “Seperti menciptakan kondisi desa yang aman, rukun antar umat beragama, rendahnya tingkat kemiskinan ekstrem, serta tidak ada yang drop out dari sekolah," kata dia.

Maka dari itu, fokus KKM yang sering digaungkan PTN di Jawa Timur setidaknya ada tiga bidang, yaitu Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan. Prof. Zain berharap, forum ini dapat melahirkan gagasan yang baru dan inovatif untuk masyarakat, terutama mereka yang di level menengah ke bawah.

“Tentu saja pembangunan yang ingin kita lakukan harus diawali dengan penelitian. Kemudian ditindaklanjuti dengan pengabdian kepada masyarakat agar lebih banyak lagi isu-isu kemasyarakatan yang dapat ditemukan,” jelasnya.

Hasil riset dan pengabdian tersebut lah yang nantinya akan menjadi bahan ajar riil di kelas-kelas di perguruan tinggi. Terakhir Prof Zain juga menekankan pentingnya kolaborasi PTN bagi wilayah sekitarnya. Dia meyakini bahwa semua kolaborasi akan berimbas positif pada perkembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.