https://malang.times.co.id/
Berita

213 Maba Polbangtan Malang Resmi Dikukuhkan, Siap Berkontribusi untuk Pertanian Indonesia

Rabu, 18 September 2024 - 12:52
213 Maba Polbangtan Malang Resmi Dikukuhkan, Siap Berkontribusi untuk Pertanian Indonesia Mahasiswa baru Polbangtan Malang dikukuhkan, Selasa (17/9/2024). (FOTO: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) mengukuhkan sebanyak 213 mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 sebagai langkah penting dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang tangguh, Selasa (17/9/2024).

Pengukuhan tersebut menjadi penanda dimulainya perjalanan akademik bagi para mahasiswa baru setelah mereka berhasil melewati serangkaian Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa Baru (Mabidama) yang telah berlangsung selama lima minggu.

Serangkaian kegiatan Mabidama yang berlangsung selama lima minggu tidak hanya berfokus pada pembekalan akademik, tetapi juga pembinaan karakter, kedisiplinan, serta pengenalan nilai-nilai dasar kehidupan kampus di Polbangtan Malang. Selama masa bimbingan, para mahasiswa diajak untuk memahami pentingnya peran pertanian dalam perekonomian Indonesia, serta bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mendukung program-program Kementerian Pertanian.

Hal tersebut tentu sejalan dengan harapan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman bahwa Polbangtan merupakan pendidikan tinggi vokasi yang memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan dalam mendidik generasi milenial menjadi tenaga-tenaga terampil, professional, dan berdaya kompetitif tinggi yang akan meningkatkan daya saing bangsa. 

“Kami yakin Polbangtan bisa cetak petani milenial. Mari kita jaga kampus ini sebagai pencetak generasi pertanian modern dan milenial,” kata Amran.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti pernah menyampaikan bahwa pertanian membutuhkan dukungan dari kalangan milenial untuk menciptakan lapangan kerja. 

Untuk mendukung tumbuhnya pengusaha muda pertanian, Idha Widi Arsanti meluncurkan berbagai program. Dimulai dari struktur kurikulum hingga stimulant usaha yang diberikan kepada mahasiswa dan alumni.

Mahasiswa baru ini terdiri dari 73 orang di Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB), 70 orang di Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH), dan 70 orang di Agribisnis Peternakan.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, dalam sambutannya menegaskan bahwa pengukuhan ini merupakan momen penting dalam membangun komitmen para mahasiswa untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang tangguh dan berkompeten. 

"Kami berharap para mahasiswa dapat mengembangkan diri dan berperan aktif dalam mendukung pembangunan pertanian nasional yang inovatif dan berkelanjutan," ujar Uud.

Mahasiswa yang dikukuhkan ini terdiri dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai latar belakang, dengan tujuan menyatukan semangat untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia. 

"Dengan hadirnya mahasiswa baru dari Aceh hingga Papua, kami yakin Polbangtan Malang dapat menjadi tempat bagi para generasi muda untuk tumbuh dan berkontribusi dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan," tambah Uud. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.