https://malang.times.co.id/
Berita

Dorong Ekonomi Desa dengan Infrastruktur Jalan, DPUBM Kabupaten Malang Terima Prapanca Award

Senin, 29 April 2024 - 17:36
Dorong Ekonomi Desa dengan Infrastruktur Jalan, DPUBM Kabupaten Malang Terima Prapanca Award Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Khairil Isnaidi Kusuma (berkaca mata), saat menerima penghargaan Prapanca kategori Tokoh Birokrasi Inspiratif, saat malam puncak peringatan Hari Pers Nasional di Jember, kemarin. (FOTO: Amin/TIMES Indonesi

TIMES MALANG, MALANG – Penghargaan Prapanca Award Kategori Tokoh Birokrasi Inspiratif diterima Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma. 

Penghargaan ini diberikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, di acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur 2024,di Jember, Minggu (29/4/2024) malam.

Disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Lutfil Hakim, pers merupakan pihak yang mengaspirasikan kebutuhan masyarakat dan juga mengabarkan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

Khairul-Isnaidi-Kusuma-2.jpg

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma, di ruang kerjanya. (FOTO Amin) 

Pers sekaligus juga mengkritisi apa yang belum dilakukan oleh pemerintah.

“Pers menegakkan nilai-nilai demokrasi, pers berkewajiban mendorong supremasi hukum dan yang terpenting pers membela kebenaran,” demikian Lutfi Hakim dalam sambutannya. 

Sementara itu, kategori penghargaan yang diberikan kepada Khairul Isnaidi ini, setelah pihaknya dinilai berhasil membangun infrastruktur jalan wilayah pinggiran, sehingga dapat memacu perekonomian yang ada di desa.

Menurut Khairul, peningkatan aksesibilitas lalu lintas dan angkutan jalan akan memacu pertumbuhan perekonomian kawasan dan masyarakat. 

"Pemkab Malang telah berupaya optimal membangun infrastruktur jalan. Termasuk jembatan di wilayah pinggiran dan jalan-jalan strategis, sebagai poros utama peningkatan perekonomian desa," terangnya, Senin (29/4/2024). 

Infrastruktur jalan yang dibangun Pemkab Malang, lanjutnya, mencakup jalur angkutan hasil pertanian, perkebunan, industri, Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Malang.

"Jalan di Kabupaten di Kabupaten Malang, terctat total panjangnya 1.668.762 kilometer, dengan kemantapan jalan mencapai 72,85 persen,” ungkap Oong, begitu Khairul biasa dipanggil.

Dikatakan, upaya untuk meningkatkan infrastruktur jalan, kini masih dihadapkan kendala keterbatasan anggaran. Meski demikian, Bupati Malang, HM Sanusi, mencanangkan kebijakan pembangunan infrastruktur jalan secara efektif, efisien, tepat sasaran dengan menggerakkan berbagai lini masyarakat.

Roadmap pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Malang, kata Oong, juga mengoneksikan tiga Koridor Program Berskala Nasional, yaitu KSPN Bromo-Tengger-Semeru, KEK Singhasari, dan PSN Pantai Selatan (Pansela), dengan Bandara Abdurahman Saleh Malang, serta Exit Tol Pandaan-Malang.

Selain itu, lanjutnya, Dinas PU Bina Marga juga melakukan pengeprasan bahu jalan yang tidak standar di sirip-sirip koridor untuk menunjang konektivitas jaringan dan kemantapan jalan. Yang sudah berjalan 5 tahun terakhir ini.

Ia mencontohkan, pada 2022 lalu, kegiatan peningkatan infrastruktur dilaksanakan di Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung dan Desa Sanankerto Kecamatan Turen.

Terkait penghargaan Prapanca PWI Jatim yang diterimanya, Khairul mengaku senang dan bangga. Menurutnya, penghargaan ini bisa semakin memacu DPUBM Kabupaten Malang untuk bekerja lebih keras lagi untuk masyarakat.

“Kami akan bekerja lebih keras lagi untuk membangun berbagai infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

Pada acara puncak peringatan HPN yang juga memperingati HUT PWI ke 78 tersebut, beberapa penghargaan juga diberikan. Diantaranya, kategori Spesial Award, Change Leader Award, Creative Regional Head, Effectiviness Leadership, Sport Achievement Award, Tokoh Birokrasi Inspiratif dan kategori Tokoh Pers Jatim. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.