https://malang.times.co.id/
Berita

FGD LPPM PTN Jatim, Prof Like Raskova: Prinsip Kerjasama Itu Bukan Ingin Maju Sendiri

Rabu, 18 September 2024 - 20:27
FGD LPPM PTN Jatim, Prof Like Raskova: Prinsip Kerjasama Itu Bukan Ingin Maju Sendiri Prof Like Raskova Octaberlina saat menjadi narasumber dalam FGD Forum LPPM PTN Se-Jawa Timur, Rabu (18/9/2024). (Istimewa)

TIMES MALANG, MALANG – Ada satu hal penting yang disampaikan oleh Prof Like Raskova Octaberlina dalam FGD Forum LPPM PTN Se-Jawa Timur, Rabu (18/9/2024). Dalam FGD yang digelar di Ijen Suites Resort & Convention, Kota Malang, Guru Besar UIN Malang itu menekankan agar perguruan tinggi mau bekerjasama dengan perguruan tinggi lainya yang punya peringkat di bawahnya.

“Kecenderungan kita, yang juga menjadi tantangan internal, ialah hanya mau bekerjasama dengan yang lebih unggul dari kita,” ujarnya.

Kecenderungan yang salah ini akhirnya mengabaikan perguruan tinggi lain yang dianggap tidak lebih baik. Padahal, lanjut Prof Like, jika mengikuti filosofi Cina, mereka akan selalu membantu sesama mereka. Agar nantinya, mereka bisa maju bersama. Hal ini harusnya ditiru oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk perguruan tinggi.

“Jangan memikirkan peringkat saat mempertimbangkan siapa yang mau kita gandeng,” paparnya. 

Dia percaya, bahkan jika kampus bekerjasama dengan perguruan tinggi yang secara peringkat di bawah mereka, kerjasama tetap akan terjalin dengan baik.

“Prinsip kerjasama itu bukan ingin maju sendiri, tetapi saling menguatkan dan maju bersama. Hasilnya, kita tak hanya ‘besar’ sendiri, tetapi juga turut membesarkan perguruan tinggi lain,” tegas Guru Besar Bidang Pendidikan Bahasa Inggris itu.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi Universitas Brawijaya (UB), Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng., D.Sc. menyarankan, agar FGD ini bisa membentuk inkubator penulisan ilmiah antar PTN di Jawa Timur. Pelaksanaannya memanfaatkan sumber daya yang sudah dimiliki oleh PTN.

“Kita minta guru besar atau peneliti senior di perguruan tinggi kita yang ahli di setiap bidang untuk memberikan bimbingan intensif pada calon-calon peneliti atau dosen-dosen muda,” jelasnya.

Pemilihan isu sebagai fokus penelitian juga harus dipertimbangkan dengan matang. Jangan sampai setiap universitas memiliki fokus sendiri-sendiri. Sehingga tidak ada tujuan bersama yang dicapai. “Kita tentukan isu bersama agar ada simbiosis mutualisme,” gagas Andi.

Mengamini gagasan lainnya, Wakil Rektor IV ITS Surabaya, Agus Muhamad Hatta, S.T., M.Si., Ph.D. juga memaparkan beberapa gagasan kerjasama yang dapat dilakukan ke-12 PTN di Jawa Timur. Salah satunya ialah membentuk Sister Lab dan Sister Pusat Halal. Dengan adanya kerjasama dalam bidang yang sama, visi-misi yang ingin dicapai setiap institusi tentu akan tercapai dengan lebih cepat dan efektif. (D)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.