Berita

Pemkot Malang Tegaskan Setiap Pengembang Rumah Wajib Bangun Sumur Resapan

Minggu, 24 Januari 2021 - 13:47
1.96k
Pemkot Malang Tegaskan Setiap Pengembang Rumah Wajib Bangun Sumur Resapan Wali Kota Malang, Sutiaji saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPemkot Malang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 2 Tahun 2021 yang mewajibkan para pengembang perumahan dan kawasan pemukiman di Kota Malang untuk membangun sumur resapan.

Wali Kota Malang, Sutiaji berharap dengan keluarnya SE baru ini bisa menjamin air hujan yang masuk ke saluran air bisa berkurang.

"Kami minta kepada para pengembang untuk membuat sumur resapan. Jadi ketika kami memberikan ijin untuk membangun, pengembang harus bisa menjamin tidak ada limbah hujan yang masuk ke saluran air," ujar Sutiaji, Minggu (24/01/2021).

Selain sumur resapan, di dalam SE tersebut juga menginstruksikan kepada setiap ketua RT dan RW yang ada di Kota Malang untuk mendorong warganya membangun sumur biopri di rumahnya masing-masing.

Dengan terbangunnya sumur resapan dan biopri tersebut, lanjut Sutiaji, dapat berfungsi untuk mengendapkan limpahan air hujan di sejumlah sumur yang sudah dibuat.

"Untuk SE Nomor 2 Tahun 2021 itu kami sudah komunikasikan kepada organisasi pengembang perumahan dan ketua RW dan RT di Kota Malang," ungkapnya.

Sementara itu, pihak pemkot Malang saat ini juga tengah membuat masterplan drainase agar titik-titik banjir yang ada di Kota Malang bisa segera ditangani.

"Kami sudah rapatkan untuk membuat masterplan drainase. Titik banjir kan sudah berkurang ya dari 56 ke 26 titik. Nah sekarang yang 26 titik lagi dikerjakan, untuk jumlah yang sudah dikerjakan saya belum tahu karena belum ada laporan ke saya," katanya.

Selaian mewajibkan pengembang membangun sumur resapan, langkah lain yang dilakukan oleh pihak Pemkot Malang saat ini adalah melakukan normalisasi selokan-selokan yang mampet yang menyebabkan air meluap. "Seperti yang kita tahu di kawasan jembatan Bandulan itu terjadi penutupan selokan. Jadi saya minta nanti segera dinormalisasi dan saya sudah koordinasi dengan Camat dan Lurah," ucapnya.(*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.