https://malang.times.co.id/
Ekonomi

Eksistensi Industri Lokal di Pasar Santai Jilid 6

Kamis, 28 Maret 2024 - 15:12
Eksistensi Industri Lokal di Pasar Santai Jilid 6 Suasana Pasar Santai Jilid 6 di Pasar Joyo Agung, Malang. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Industri dan pelaku UMKM lokal di wilayah Malang perlu mengapresiasi gerakan yang digagas oleh anak-anak muda Malang melalui kegiatan Pasar Santai.

Pasar Santai yang kini sudah memasuki jilid ke-6, selalu digelar setiap tahunnya dibulan Ramadan. Kini, Pasar Santai terselenggara di Pasar Joyo Agung, Malang mulai 21 hingga 31 Maret 2024.

Project Operation Pasar Santai Jilid 6, Yogi Fajar Cakra mengatakan, kegiatan Pasar Santai Jilid 6 ini diikuti lebih dari 90 pelaku industri dan UMKM lokal yang berada di wilayah Malang Raya.

Pasar-Santai-Jilid-2.jpg

"Pelaku usaha yang ikut serta total ada 90 lebih. Itu mulai dari Fesyen, FnB (Kuliner), Jasa hingga Kriya," ujar Yogi, Kamis (28/3/2024).

Pasar Santai Jilid 6 ini mengusung tema Get Local atau yang biasa disebut 'Arek Malang' adalah Lokal Get.

Maksudnya, lanjut Yogi, dimana Pasar Santai ini bisa memberikan sebuah sikap yang menjunjung tinggi kesaradan untuk menjaga, merawat dan menumbuhkan spirit lokal atau karakter lokal.

Pasar-Santai-Jilid-3.jpg

Melalui kegiatan ini, tentu industri dan UMKM lokal semakin eksis dan berkembang serta saling mendukung satu sama lain.

"Pasar Santai ini menjadi ruang temu bagi mereka (pelaku industri dan UMKM lokal). Mereka bisa saling bertukar ide dan saling support antar pelaku industri," ungkapnya.

Diketahui, perhelatan Pasar Santai ini diinisiasi dan dikerjakan secara kolektif oleh anak-anak muda di Malang yang peduli dengan industri dan UMKM lokal.

Yogi menjelaskan, sejak Pasar Santai digelar pertama kali pada tahun 2018 lalu, gerakan kolektif sudah terbentuk dan menginisiasi kegiatan ini.

Dimana gerakan kolektif ini gotong royong untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mendukung ekonomi di Malang Raya yang berpihak pada industri kreatif dan seni lokal.

"Tujuannya agar perputaran ekonomi tidak hanya mengutamakan dan dimainkan pihak luar, tetapi melibatkan dan memberikan manfaat langsung kepada pelaku di Malang," tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung selama sebelas hari ini, tentu sangat berdampak dan menarik perhatian warga Malang.

Selain ada Bazaar produk UMKM, di Pasar Santai juga ada eksibisi, workshop, talkshow dan live perform.

Sementara, Staf Ahli Perekonomian Pemkot Malang, Sailendra yang hadir secara khusus dalam kegiatan Pasar Santai Jilid 6 tersebut, menaruh perhatian penuh terhadap inisiasi gerakan kolektif tersebut.

Ia juga menjanjikan, kegiatan ini bisa digelar secara terus menerus dan Pemkot Malang siap memberikan support penuh untuk nasib pelaku industri dan UMKM lokal Malang.

"Tentu ini sangat menarik. Kita juga punya banyak pasar yang bisa dimanfaatkan kedepannya. Saya apresiasi inisiasi ini dan kami siap support untuk kegiatan selanjutnya," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.