https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Latih Kedisiplinan dan Bela Negara, Mahasiswa Baru POLINEMA Ikuti LDK

Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:51
Latih Kedisiplinan dan Bela Negara, Mahasiswa Baru POLINEMA Ikuti LDK Mahasiswa baru POLINEMA mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). (Foto: Humas POLINEMA for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) Angkatan Tahun 2022 mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Dodikjur Rindam V/Brawijaya. LDK gelombang I dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2022.

Direktur POLINEMA, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., mengatakan mahasiswa POLINEMA harus disiapkan untuk mengikuti perkuliahan dan pembelajaran dengan baik. Salah satu persiapannya terkait dengan kedisiplinan mahasiswa baru.

“Dengan bekal kedisiplinan yang ditanamkan ketika mengikuti LDK dapat menjadi salah satu modal untuk mengikuti perkuliahan dengan model pembelajaran sistem paket di POLINEMA. Mahasiswa yang tidak disiplin akan sulit mengikuti proses pembelajaran,” kata Direktur.

Direktur berharap dengan mengikuti LDK mahasiswa dapat memiliki jiwa dan sikap kedisiplinan untuk mengikuti perkuliahan dengan baik seperti yang tertuang dalam Pedoman Akademik.

Setelah selesai LDK, diharapkan mahasiswa tetap memelihara sikap dan karakter yang ditanamkan pada kegiatan LDK di kehidupan sehari-hari, di dalam dan di luar kampus.

Mahasiswa-baru-POLINEMA-a.jpg

“Sebagai generasi muda, mahasiswa diharapkan dapat berperan untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kita, untuk bisa mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa dan negara. Sehingga jiwa nasionalisme mahasiswa harus dipelihara dari waktu ke waktu,” katanya.

Menteri Dalam Negeri BEM POLINEMA Kabinet Romantika Aksi, Rafif Nur Raekhan Gumay, mengatakan kegiatan LDK ini melibatkan BEM POLINEMA, SATMENWA 874 POLINEMA dan UKM Bhakti Karya Mahasiswa.

“BEM POLINEMA menurunkan 23 fungsionaris, dari SATMENWA 874 POLINEMA sebanyak enam anggota dan UKM Bhakti Karya Mahasiswa ada 11 fungsionaris,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana LDK, Galuh Kartiko, SH., M.Hum., mengatakan LDK bagi MABA Angkatan Tahun 2022 akan dilaksanakan dalam lima gelombang.

“LDK yang dilaksanakan ini khusus untuk MABA Angkatan Tahun 2022, sedangkan untuk angkatan yang belum mengikuti LDK, akan dilaksanakan pada bulan berikutnya. LDK gelombang 1 ini diikuti oleh 700 mahasiswa,” katanya.

Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan ini menjelaskan bahwa pada kegiatan LDK mahasiswa akan mendapatkan materi diantaranya materi pembentukan karakter kedisiplinan dan bela negara dengan instruktur dari Dodikjur dan narasumber dari POLINEMA. Selain LDK, mahasiswa baru juga akan mengikuti kegiatan prastudi dan expo.

Tema LDK 2022 adalah “Membentuk Karakter Mahasiswa sebagai Generasi Muda Bangsa yang Berdisiplin, Berwawasan Kebangsaan, dan Cinta Tanah Air.

Mahasiswa-baru-POLINEMA-b.jpg

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan LDK adalah Danrindam V/Brawijaya, Kolonel Inf. Teddy Arifiyanto S., S.IP. Dalam sambutannya Danrindam V/Brawijaya meminta agar para peserta LDK dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan lembaga pendidikan.

LDK bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, serta memiliki semangat bela negara. Mahasiswa harus membiasakan diri untuk disiplin karena akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Danrindam V/Brawijaya berharap mahasiswa POLINEMA dapat memanfaatkan LDK untuk belajar dan berlatih tentang disiplin, bela negara, dan kepemimpinan karena disiplin dapat mengantarkan mahasiswa untuk meraih tujuan belajar yang ingin dicapai. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.