Pendidikan

Polbangtan Malang: Upayakan Milenial Cintai Pertanian

Kamis, 16 September 2021 - 19:09
Polbangtan Malang: Upayakan Milenial Cintai Pertanian Ilustrasi. Kegiatan mahasiswa Polbangtan Malang. (FOTO: Polbangtan Malang).

TIMES MALANG, MALANG – Upayakan generasi milenial mencintai pertanian. Itulah yang dilakukan jajaran Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) terhadap 190 orang mahasiswa semester III dalam menyongsong pembelajaran semester ganjil tahun akademik 2021.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Polbangtan Malang, Dr. Andi Warnaen mengatakan, untuk mengisi waktu menjelang pembelajaran semester ganjil, jajaran kemahasiswaan yang dipandu oleh Polisi Mahasiswa, menggelar kegiatan untuk meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap pertanian melalui pembiasaan perilaku pertanian. 

Utamanya, kata Andi, sebagai wujud implementasi arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Prof. Dedi Nursyamsi, M.Agr bahwa pendidikan tinggi vokasi Kementan harus menghasilkan qualified job creator maupun qualified job seeker. "Untuk itu harus ditumbuhkan kecintaan terhadap pertanian," kata Andi, Kamis (16/9/2021) di kampus 1 Polbangtan Malang.

Dengan tumbuhnya kecintaan itu, mereka akan menyatu dan menjiwai pertanian sebagai dunia yang digelutinya. Dengan demikian, alumni sebagai generasi penerus, akan terus membangun pertanian. Demikian Andi Warnaen berujar.

Polbangtan Malang 1

Dia menyatakan, pembiasaan ini dilakukan kepada mahasiswa sesuai dengan aktivitas pada divisi masing-masing program studi. Beberapa bentuk kegiatannya antara lain: penyiapan green house untuk pertanaman hortikultura, pemeliharaan tanaman tahunan, penyiapan kandang ayam petelur maupun broiler, penataan lahan di kebun praktek, pembuatan silase, sanitasi kandang, pengobatan penyakit ternak, hingga pengenalan alat dan mesin pertanian.

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo bahwa "kerja pertanian itu pahalanya tembus langit", maka seluruh insan pertanian harus sungguh sungguh dalam bekerja. Renegerasi pelaku pertanian harus ditumbuhkembangkan kepada generasi milenial, generasi yang melek teknologi, sehingga mereka akan terus berinovasi membangun pertanian dalam upaya menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Andi Warnaen selaku Wadir 3 Polbangtan Malang menambahkan, kegiatan perilaku pertanian ini diarahkan untuk dapat meningkatkan disiplin, serta membangun jiwa dan semangat untuk mencintai pertanian lebih dalam, sehingga nantinya mahasiswa dapat diandalkan sebagai generasi penerus yang andal. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.