Pendidikan

Universitas Brawijaya Raih Juara 3 Lomba Sadar Arsip 2021

Rabu, 06 Oktober 2021 - 22:59
Universitas Brawijaya Raih Juara 3 Lomba Sadar Arsip 2021 Universitas Brawijaya meraih juara 3 lomba kearsipan 2021. (Foto: Dok Humas UB for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGUniversitas Brawijaya (UB) meraih juara 3 lomba Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA) 2021. Lomba kearsipan berbasis perguruan tinggi tersebut diikuti oleh 13 perguruan tinggi di Jawa Timur.

Masing-masing perguruan tinggi hanya boleh mengirim satu tim yang terdiri dari 5 mahasiswa dan pembimbing.

Grand Final lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Jawa Timur ini digelar selama dua hari di hotel Harris, Surabaya, Senin-Selasa (27-28/9/2021).

Tim UB terdiri dari Nuril Lailatul Azizah, Anisya Nursyahbani, Ghiananda Aprilia, Munawaroh Laila Choirunisa, Alfia Dwi Prasasty yang merupakan mahasiswa Perpustakaan dan Arsip Vokasi UB.

Di bawah bimbingan dan pendampingan dari dosen Sovia Rosalin, A.Md., S.AP., M.AB, Bambang Haryanto, SE, M.AB, Tri Mega Asri, S.Sos, M.Ikom, Nurul Indayati, SE, MM, dan Kotok Gurito, SE, tim UB mempresentasikan inovasinya tentang sosialisasi digitalisasi arsip pribadi melalui media sosial.

“Sosialisasi sudah kami lakukan sejak Juli 2021, menyasar pada masyarakat usia 18-24 yang menjadi pengguna media sosial terbesar. Kami juga mengedukasi penyensoran terhadap hal-hal privasi seperti nama lengkap dan nomor ID. Hal ini untuk menumbuhkan sadar arsip sejak dini,” papar Nuril mewakili tim.

UB-Lomba-Sadar-Arsip-2.jpg

Tiga juri yang berpengalaman di bidang kearsipan, yaitu Drs. Amieka Hasraf, MM (dari ANRI), Dr. Nuniek Herdiastuti, M.Si dan Agus Santoso, S.Sos.,M.Med.Kom (dari unsur akademisi) menentukan nilai inovasi yang diraih UB sebesar 81,11.

Kotok Gurito, S.E mengungkapkan, kemenangan ini menjadi motivasi bagi arsiparis dan pengelola arsip UB untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam mengelola arsip yang lebih baik.

“Karena arsip itu sangat penting, maka kita harus mengelolanya dengan baik agar aman dan mudah dicari. Itulah pentingnya tertib dan sadar arsip bagi pribadi, keluarga dan instansi,” ujar Kotok selaku Koordinator Sub Bagian Kearsipan dan Humas UB.

Melalui serangkaian penilaian dan wawancara kepada para peserta lomba, dewan juri menetapkan Unair sebagai Juara I (nilai 85,08), ITS Juara II (82,85), UB juara III (81,11). Sedangkan Juara Harapan I diraih IAIN Kediri (nilai 78,82), Juara Harapan II Ubhara (78,70), dan Juara Harapan III Universitas Wiraraja (78,68). Pemenang mendapatkan hadiah piala, piagam, uang pembinaan, dan setifikat.

Ir. Tiat S Suwardi, MSi., selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Jatim mengatakan kegiatan FKMSA ini dapat menambah indikator penilaian kinerja di Jawa Timur, karena keberadaan FKMSA ini bersinggungan langsung dengan masyarakat dan kehadiran arsip harus bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

FKMSA ini adalah gelaran lomba yang ketiga kalinya. Yang pertama, lomba FKMSA digelar pada 2014, kedua tahun 2015, dan ketiga dilaksanakan di hotel Harris, Surabaya dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Gelar lomba FKMSA merupakan salah satu wujud dari sadar arsip berbasis perguruan tinggi yang bersentuhan dengan masyarakat, melibatkan mahasiswa sebagai pelaku inovasi dan penggerak masyarakat sadar arsip. Universitas Brawijaya dalam hal ini sebagai salah satu peserta menunjukkan prestasinya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.