https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Kuliah Tamu Unmer Malang: Membangun World Class University di Era Digital

Senin, 20 Maret 2023 - 17:30
Kuliah Tamu Unmer Malang: Membangun World Class University di Era Digital Jajaran civitas Akademika Unmer Malang bersama pemateri kuliah tamu Unmer Malang, Prof dr Taruna Ikrar M Biomed PhD saat gelaran kuliah tamu di Unmer Malang, Senin (20/3/2023) (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Universitas Merdeka Malang (Unmer Malang) menggelar kuliah tamu yang dihadiri oleh ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Prof dr Taruna Ikrar M Biomed PhD, di gedung PPI Unmer Malang, Senin (20/3/2023).

Dalam materinya tentang Membangun World Class University di Era Digital, Prof Taruna menjelaskan, ada beberapa hal prinsip yang harus terlebih dahulu dilakukan oleh sebuah universitas. Pertama, mendata segala potensi yang dimiliki oleh perguruan tinggi tersebut. 

"Mendata semua potensi yang ada. Apakah itu potensi sumber daya manusia, potensi lingkungan, termasuk potensi storiesnya," ucapnya.

Kedua, menentukan goal atas apa yang akan dilakukan selama beberapa tahun kedepan. Sehingga dengan begitu, kegiatan yang dilakukan oleh pihak universitas bisa terus mengarah pada capaian yang diinginkan. 

"Goal harus kita tentukan. Tahap demi tahap nya. Itu yang disebut dengan target-target. kita sudah tentukan kan putusannya World Class University itu dilihat dari variabel tadi. Sejak tahun ini kita kerja samanya dengan siapa saja, kerjasamanya dengan abcd. Tahun kedua dengan siapa saja. Terus apa output yang kita harapkan," terang prof Taruna.

Ada beberapa hal yang dapat mengangkat nama baik kampus ke kancah internasional. yakni dengan memperbanyak riset dari civitas akademika. Menurutnya, semakin banyak riset produk Unmer Malang yang diakui, maka hal itu akan semakin meaikkan nama Unmer Malang di mata dunia. 

"Semakin banyak karya, semakin banyak patensi dan sebagainya itu, menjadi semakin tinggi nilainya," imbuh pria yang juga jadi Director Internasional Association of Medical Regulatory Authorities (IAMRA) itu.

Selain itu, peran instansi pendidikan pada lingkungan sekitar juga menjadi hal yang tak bisa ditinggalkan. Kampus harus bisa berperan besar dalam memajukan daerah dan negara. Yakni dengan cara mencetak alumni yang unggul. 

"Mahasiswa yang lulus dari kampus itu dia jadi apa. Apakah dia jadi seorang ilmuwan, seorang dokter, polisi, tentara, hakim, atau bahkan presiden. Itu impactnya alumni. semakin tinggi semakin besar dampaknya, semakin tinggi poinnya" tuturnya.

Untuk itu pihak kampus harus selalu terus memberikan pendidikan yang terbaik kepada para mahasiswanya. "Mahasiswa ini adalah manusia-manusia akan menentukan masa depan," ujarnya.

Dia menyebut, ae beberapa ciri sebuah kampus bisa dikategorikan sebagai World Class University. Yang pertama yakni kuat dalam bidang akademik, media, dan kuat dalam membentuk sumberdaya manusia yang unggul.

"Dan terakhir adalah kuat dalam dan bidang pengabdian masyarakat," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.