https://malang.times.co.id/
Wisata

5 Kota Wisata di Pulau Jawa untuk Pecinta Alam

Senin, 18 Januari 2021 - 12:25
5 Kota Wisata di Pulau Jawa untuk Pecinta Alam Grafika Cikole, Wisata Karakter Building di Hutan Pinus Bandung. (FOTO: nativeindonesia)

TIMES MALANG, JAKARTA – Di tengah pandemi yang masih berlangsung, wisata alam diprediksi jadi salah satu pilihan wisata favorit di 2021. Selain berada di outdoor dengan udara segar, wisata alam juga memiliki area yang luas sehingga ideal untuk tempat bersantai tanpa khawatir terjadi kerumunan di satu titik.

Pulau Jawa memiliki banyak pilihan kota wisata menarik dengan destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi. Mudah dijangkau dengan bus maupun travel, berikut rekomendasi kota di Pulau Jawa yang punya banyak wisata alam untuk pilihan bepergian di tahun 2021 ini.

1. Bandung

Siapa yang tidak kenal kota yang satu ini. Selain terkenal sebagai surga belanja dan wisata kuliner, Bandung punya banyak sekali pilihan wisata alam yang siap buat Anda terpukau.

Sebut saja Ranca Upas, Grafika Cikole Lembang, Floating Market Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey dan masih banyak lainnya.
Semua destinasi wisata alam di Bandung ini bisa dicapai dengan mudah dari pusat Kota Bandung dan ramah untuk semua umur.

2. Semarang

Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini juga punya segudang wisata alam menarik yang siap menjamu Anda. Mulai dari pantai-pantai cantik, seperti Pantai Marina dan Pantai Maron. Ada juga Umbul Sidomukti yang menawarkan tempat pemandian dengan view yang menakjubkan.

Tak ketinggalan berbagai kebun bunga indah juga siap menyambut Anda. Seperti misalnya Taman Bunga Celosia Bandungan yang terletak tidak begitu jauh dari Candi Gedong Songo.

Semarang juga sangat mudah dicapai menggunakan bus atau travel, apalagi dengan sudah beroperasinya Tol Trans Jawa yang membuat waktu tempuh dari Jakarta lebih cepat.

3. Solo

Kota yang kental dengan wisata budaya ini juga punya banyak pilihan wisata alam menarik yang bisa Anda telusuri. Contohnya saja Taman Balekambang yang jadi salah satu ikon wisata Solo yang menarik untuk dikunjungi.

Ada juga Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I yang berada di kaki Gunung Lawu yang memadukan wisata edukasi dan juga wisata alam yang cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga. Tak ketinggalan ada Grojogan Sewu yang masuk dalam wisata air terjun populer di Indonesia.

Bagi Anda yang suka berburu tempat foto sekaligus melihat pemandangan alam menarik, Bendungan Colo dengan pemecah arusnya yang instagramable bisa jadi tempat wisata yang pas.

4. Yogyakarta

Jika berbicara soal wisata alam, kota yang satu ini tak boleh dilewatkan. Ya, Yogyakarta menawarkan banyak pilihan wisata yang dijamin buat liburan Anda tidak akan membosankan.

Mulai dari pantai hingga wilayah pegunungan, semua bisa Anda temukan di kota satu ini. Sebut saja Pantai Parangtritis yang merupakan landmark wisata Yogyakarta yang tak boleh Anda lewatkan. Ada juga Pantai Glagah, Pantai Siung, Pantai Drini dan Pantai Jogan yang cocok bagi Anda yang suka beach-hopping.

Jangan lupa mampir ke wisata di sekitar Gunung Merapi ya! Namun Anda harus selalu update kondisi gunung ini karena jika sedang aktif maka wisata di sekitarnya otomatis ditutup.

Lebih suka main ke daerah pegunungan? Yogyakarta punya wisata Kalibiru, Puncak Becici, Gunung Api Purba Nglanggeran dan Goa Jomblang. Anda juga bisa sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo yang merupakan spot wisata populer di yogyakarta.

5. Malang

Kota di Jawa Timur ini menawarkan banyak sekali wisata alam menarik yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja Taman Rekreasi Selecta yang dipenuhi bunga-bunga cantik dan wahana seru.

Suka dengan air terjun? Anda bisa mampir ke daerah Kota Batu untuk mengunjungi Coban Talun, Coban Putri dan Coban Rais. Penggemar aktivitas pemacu adrenalin? Anda bisa mencoba wisata paralayang di Kota Batu.

Tak ketinggalan ada Pantai Balekambang yang dikenal sebagai tanah lot versi Malang yang tak pernah sepi pengunjung.

Perkembangan penangan pandemi di Indonesia juga memungkinkan masyarakat untuk berlibur dengan syarat patuh pada penerapan protokol kesehatan. Selain itu sudah banyak tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan jumlah pengunjung, penyediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu sebelum masuk dan rutin desinfeksi. Jadi Anda bisa merasa aman dan nyaman selama berlibur.

Sudah siap bepergian menikmati wisata alam di Jawa? Jangan lupa pesan tiket bus dan travel shuttle di Traveloka karena lebih mudah, aman dan banyak promo yang bisa didapatkan. Selamat menghirup udara segar!

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.