TIMES MALANG, MALANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas pembatalan perjalanan KA Jayabaya relasi Malang – Surabaya Pasarturi – Pasar Senen pada Sabtu (2/8/2025). Pembatalan ini terjadi akibat gangguan operasional di Stasiun Pegadenbaru, wilayah Daop 3 yang terjadi sejak Jumat (1/8/2025) kemarin dan masih dalam penanganan.
Menurut Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif bahwa gangguan tersebut membuat jalur tidak dapat dilalui, sehingga beberapa perjalanan kereta dialihkan dengan pola operasi memutar.
“Sementara sisanya, termasuk KA Jayabaya dari Stasiun Malang, dibatalkan demi keselamatan dan kelancaran operasional,” ujar Luqman, Sabtu (2/8/2025).
Ia mengungkapkan bahwa proses normalisasi jalur terus dilakukan agar layanan bisa kembali pulih.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama kami,” ungkapnya.
Sebagai bentuk kompensasi, KAI memberikan pengembalian bea tiket 100 persen bagi pelanggan yang terdampak pembatalan atau mengalami keterlambatan tinggi. Pengembalian tiket dapat dilakukan di seluruh loket stasiun online dalam waktu 7 x 24 jam sejak jadwal keberangkatan tanpa biaya administrasi.
“Ini seharusnya dijadwalkan berangkat 13.45 WIB,” imbuhnya.
Pelanggan pun diminta untuk terus memantau informasi perjalanan melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id atau menghubungi Contact Center 121.
“Kami terus berkoordinasi agar gangguan ini bisa segera terselesaikan dan operasional kembali normal,” ucapnya.
Pewarta | : Rizky Kurniawan Pratama |
Editor | : Imadudin Muhammad |