https://malang.times.co.id/
Berita

Vladimir Putin Dukung Kamala Harris Jadi Presiden AS Setelah Joe Biden Mundur

Jumat, 06 September 2024 - 00:26
Vladimir Putin Dukung Kamala Harris Jadi Presiden AS Setelah Joe Biden Mundur Presiden Rusia Vladimir Putin (FOTO: GAVRIIL GRIGOROV/Pool/AFP)

TIMES MALANG, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan dukungan Rusia untuk Kamala Harris sebagai calon presiden Amerika Serikat, menyusul rekomendasi dari Presiden AS saat ini, Joe Biden.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Putin pada Kamis di Forum Ekonomi Timur (EEF) yang berlangsung di Vladivostok.

Putin mengungkapkan bahwa meskipun Joe Biden, yang saat ini merupakan presiden AS dan merupakan kandidat favorit Rusia, telah mengundurkan diri dari pencalonan, dia merekomendasikan agar pendukungnya memberikan dukungan kepada Kamala Harris. "Jadi kami akan melakukan hal yang sama, kami akan mendukungnya," ujar Putin dalam pidatonya.

Meski demikian, Putin menegaskan bahwa Rusia tidak berhak menentukan kandidat presiden AS dan bahwa keputusan akhir mengenai siapa yang menjadi favorit akan ditentukan oleh rakyat Amerika. "Mengenai siapa yang favorit, bukan kami yang menentukannya," kata Putin.

Putin juga menyoroti kebijakan mantan Presiden AS Donald Trump yang memberlakukan sejumlah sanksi terhadap Rusia. Putin berharap bahwa Kamala Harris tidak akan meneruskan kebijakan yang sama jika terpilih sebagai presiden.

Putin menilai Trump menerapkan begitu banyak sanksi terhadap Rusia. Sanksi itu belum pernah diterapkan oleh presiden sebelumnya. "Jika Harris baik-baik saja, mungkin dia akan menahan diri dari tindakan semacam ini," imbuh Putin. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.