https://malang.times.co.id/
Berita

Siap Tempur, Taiwan Pamer Jet Canggih F-16V dalam Latihan Malam Hari

Kamis, 18 Agustus 2022 - 12:08
Siap Tempur, Taiwan Pamer Jet Canggih F-16V dalam Latihan Malam Hari Awak darat angkatan udara Taiwan memuat rudal anti-kapal Harpoon AGM-84 buatan AS di depan jet tempur F-16V di pangkalan Angkatan Udara Hualien pada 17 Agustus 2022.(FOTO: Al Jazeera/AFP)

TIMES MALANG, JAKARTA – Siap tempur, Taiwan mengerahkan jet tempurnya yang paling canggih, F-16V plus dilengkapi rudal, dalam demonstrasi malam hari yang langka menyusul latihan militer China yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau itu.

Sebelumnya, pasukan China telah menggelar latihan militer udara dan laut berhari-hari di Selat Taiwan dalam bulan ini juga mereaksi kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi dan delegasi kongres ke ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Taiwan telah melakukan latihan sendiri untuk mensimulasikan pertahanan terhadap invasi China dan pada hari Rabu malam.

Personel angkatan udaranya mengerahkan pesawat tempur F-16V dengan rudal anti-kapal buatan Amerika Serikat dalam latihan 'kesiapan tempur' itu di sebuah pangkalan udara di wilayah Hualien timur.

Para wartawan, seperti dilansir di Al Jazeera,  telah diperlihatkan kepada kru darat yang mendemonstrasikan bagaimana mereka dengan cepat memasang senjata ke F-16, termasuk rudal anti-kapal Harpoon Boeing Co.

Menurut angkatan udara Taiwan, enam F-16V kemudian lepas landas untuk misi pengintaian dan pelatihan malam, termasuk dua yang dipersenjatai dengan rudal. 

"Dalam menghadapi ancaman dari latihan militer pasukan komunis China baru-baru ini, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep 'medan perang di mana-mana dan pelatihan kapan saja' ... untuk memastikan keamanan nasional," kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara kementerian pertahanan Sun Li-fang mengatakan bahwa sementara  Taipei mengutuk tindakan China dalam beberapa hari terakhir, situasinya adalah kesempatan baik bagi pasukan Taiwan untuk mengasah keterampilan mereka.

"Kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji semua pelatihan yang biasa kami lakukan, dan melalui ini meningkatkan metode kami saat ini dan meningkatkan efektivitas tempur kami," katanya.

"Pasukan Republik China begitu percaya diri, mampu, dan bertekad untuk mempertahankan keamanan Republik China,” tambah Sun. Republik China adalah istilah lain Taiwan.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen mengatakan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu tidak berusaha untuk memprovokasi atau meningkatkan ketegangan dengan Beijing.

Tapi Taiwan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China, yang mengklaim pulau yang diperintahnya secara demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya untuk direbut suatu hari, dengan paksa jika perlu.

Taiwan menuduh China menggunakan perjalanan Pelosi, pejabat Amerika Serikat terpilih berperingkat tertinggi untuk berkunjung dalam beberapa dekade itu sebagai alasan untuk memulai latihan yang memungkinkannya berlatih untuk invasi.

Taiwan telah meningkatkan armada pesawat tempurnya yang menua dalam beberapa tahun terakhir, karena ketakutan akan aksi militer Beijing telah meningkat dan karena angkatan udaranya terus berada di bawah tekanan oleh serangan China yang lebih sering ke zona pertahanan udara pulau itu.

Pada bulan November, pulau itu mengerahkan skuadron pertama F-16V buatan AS, versi yang ditingkatkan dan jauh lebih canggih dari pesawat tempur F-16 lainnya, yang berasal dari tahun 1990-an.

Kesepakatan F-16V disetujui oleh pemerintahan Presiden AS Donald Trump saat ia berseteru dengan China dalam sejumlah masalah, tetapi penggantinya Joe Biden telah mempertahankan dukungan serupa untuk Taipei.

Pangkalan udara Hualien, Taiwan, tempat pesawat F-16V itu dikerahkan, memiliki gantungan yang dipotong dari sisi gunung, memiliki dua pilot yang bertugas pada satu waktu yang duduk dalam setelan penerbangan mereka dan bisa berada di udara dalam waktu 6 menit. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.