https://malang.times.co.id/
Olahraga

Uji Kebugaran Atlet, KONI Kota Batu Gelar VO2MAX

Kamis, 27 Juni 2024 - 22:33
Uji Kebugaran Atlet, KONI Kota Batu Gelar VO2MAX Para atlet ring 1 mengikuti tes VO2MAX, salah satu rangkaian tes untuk menyongsong Porprov Jatim 2025. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATU – Menguji kebugaran atlet Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) Ring 1 sekaligus menseleksi atlet yang akan masuk Puslatkot Ring 2, hari ini (27/6//2024) KONI Kota Batu menggelar tes VO2MAX.

Tes yang diikuti 285 atlet dari 17 Cabang Olahraga ini dilaksanakan di GOR Gajahmada Kota Batu. Mereka diharuskan mengikuti Bleep Test.

Tes ini dilakukan untuk mengukur kesanggupan kerja jantung dan paru-paru secara maksimal melalui prediksi penyerapan volume oksigen maksimal.

VO2MAX-2.jpg

Para atlet yang mengikuti tes ini diminta untuk berlari mengikuti isyarat yang diberikan, dimana dari waktu ke waktu isyarat lari semakin cepat.

"Tes VO2MAX ini diikuti 285 atlet dari 17 Cabang Olahraga yang diproyeksikan mengikuti Porprov Jatim 2025, pesertanya adalah atlet Puslatkot Kota Batu Ring 1, juga untuk atlet Ring 2 dan seleksi untuk atlet Ring 3," ujar Ketua Umum KONI Kota Batu, Sentot Ari Wahyudi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa atlet Puslatkot Ring 1 ini merupakan atlet peraih medali Porprov Jatim tahun 2023 yang masih memenuhi persyaratan untuk mengikuti Porprov Jatim tahun 2025 mendatang.

Puslatkot untuk atlet Ring 1 sudah dilaksanakan sejak bulan Februari lalu. Sementara atlet Ring 2 merupakan atlet yang belum pernah meraih medali Porprov Jatim, tapi diproyeksikan mendapatkan medali pada Porprov Jatim 2025.

VO2MAX-3.jpg

"Kita menerapkan sport science, akan ada beberapa rangkaian tes lagi yang akan dilaksanakan untuk terus memonitoring perkembangan atlet," ujarnya. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.