Pendidikan

Gandeng TIMES Indonesia, Polbangtan Malang Gelar Bimtek Penulisan Artikel

Kamis, 08 April 2021 - 16:19
Gandeng TIMES Indonesia, Polbangtan Malang Gelar Bimtek Penulisan Artikel Narasumber dari TIMES Indonesia pada Bimtek Penulisan Artikel di Polbangtan Malang, Kamis (8/4/2021). (FOTO: Humas Polbangtan Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) bekerja sama dengan TIMES Indonesia menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Artikel, Kamis (8/4/2021). 

Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, bimtek yang diikuti oleh ASN Polbangtan Malang ini dilaksanakan secara offline dan online. Bimtek secara offline diselenggarakan dengan jumlah peserta terbatas di Ruang Diorama Polbangtan Malang. Selebihnya mengikuti melalui aplikasi Zoom.

Narasumber dari TIMES Indonesia bEditor TIMES Indonesia Faizal Rizki menyampaikan materi teknik penulisan artikel di Ruang Diorama Polbangtan Malang, Kamis (8/4/2021). (FOTO: Humas Polbangtan Malang).

Sejumlah narasumber dari TIMES Indonesia mengisi materi bimtek penulisam artikel, di antaranya Corporate & Development Director TIMES Indonesia Naning Yusuf, dan  Editor TIMES Indonesia Faizal Rizki. Acara dipandu oleh GM TIMES Indonesia Biro Malang Raya Yuli Triyanto.

Dalam pemaparannya, Naning mengajak para peserta untuk mengeksplorasi potensi Polbangtan Malang dalam rangka membangun ketahanan informasi. 

"Polbangtan Malang memiliki kekuatan besar untuk republik ini terutama di bidang pertanian sebagai penyokong dan penentu nasib Indonesia. Pertanian merupakan salah satu modal besar di negeri ini," kata Naning kepada sekitar 120 peserta offline dan online.

Naning menekankan, pentingnya membanjiri informasi dengan konten yang positif, membangun, dan menginspirasi dari Polbangtan Malang. Mengingat kampus yang berada di bawah Kementerian Pertanian ini memiliki keragaman potensi yang layak dipublikasikan sebagai kekuatan dan kontribusi membangun negeri.

Lebih lanjut Naning mengatakan bahwa semua orang memiliki jejak digital apakah itu personal, kelembagaan, atau organisasi. "Tetapi kita ingin jejak digital yang bagaimana, positif atau negatif?" 

Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya membangun jejak digital sejalan dengan visi misi baik secara personal maupun kelembagaan. Ia pu  mengajak civitas akademika Polbangtan Malang untuk membuat jejak digital positif. 

"Kita harus memiliki kesadaran bersama apa yang kita lakukan selama bekerja tidak ada pekerjaan yang negatif," tuturnya.
 
Menurut dia, dalam pendekatan informasi dan teknologi, harus memiliki kesadaran bahwa semua dilakukan untuk masyarakat luas.

Jadi, lanjutnya menegaskan, jutaan potensi konten positif yang ada di Polbangtan Malang harus diketahui publik guna membangun ketahanan informasi. "Ini adalah branding positif yang harus kita jejakkan," ucapnya.

Narasumber dari TIMES Indonesia cPenyerahan cendera mata oleh Corporate & Development Director TIMES Indonesia Naning Yusuf kepada Wadir III Polbangtan Malang, Andi Warnaen, SST, MIKom di Ruang Diorama Polbangtan Malang, Kamis (8/4/2021). (FOTO: Humas Polbangtan Malang).

Sementara itu, Faizal Rizki dalam paparan materinya menyampaikan teknik penulisan berita atau artikel yang 'lezat' dan 'nikmat' sehingga enak dibaca. Ia menyebut empat langkah dasar sebelum menulis yaitu  merumuskan ide, menetapkan fokus (angle) tulisan, mengumpulkan data atau sumber rujukan, dan yang terakhir, menulis.

Pada kesempatan bimtek penulisan artikel itu, Corporate & Development Director TIMES Indonesia Naning Yusuf menyerahkan cendera mata berupa e-koran yang diterima oleh Wakil Direktur III Polbangtan Malang, Andi Warnaen, SST, M.I.kom. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.