https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Persiapan UTBK SNBT, UB Gelar Briefing  Panitia

Senin, 22 April 2024 - 19:19
Persiapan UTBK SNBT, UB Gelar Briefing  Panitia Briefing panitia UTBK yang digelar UB, Senin (22/4/2024). (Foto: Humas UB)

TIMES MALANG, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) menggelar kegiatan briefing panitia pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Senin (22/4/2024). Kegiatan ini diselenggarakan untuk menjelaskan tata cara UTBK yang akan diselenggarakan di gedung Auditorium Brawijaya UB.

Acara tersebut diikuti oleh 644 pengawas yang terdiri dari pengawas yang ditunjuk oleh fakultas dan penanggung jawab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Direktur Administrasi dan Layanan Akademik Dr. Rosihan Asmara, S.E., M.P., mengatakan tujuan dari kegiatan ini dimaksudkan untuk memitigasi hal – hal yang tidak diinginkan ketika pelaksanaan UTBK berlangsung.

“Persiapan ini ditujukan agar kegiatan UTBK nanti dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Ketua panitia pelaksanaan UTBK 2024 UB itu menyampaikan akan berusaha menyiapkan UTBK semaksimal mungkin.

“Informasi dari pusat sangat mepet untuk melakukan persiapan, tidak sampai satu bulan. Namun karena kita selalu menjadi salah satu tempat pelaksanaan UTBK, kita dapat mempersiapkannya secara baik,” ungkapnya.

Koordinator Pelaksana Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B., menyebutkan langkah – langkah yang harus dilakukan saat UTBK berlangsung. Mulai dari peserta datang ke lokasi ujian, verifikasi dokumen peserta, mengecek pelanggaran yang mungkin dilakukan peserta, hingga peserta masuk dan keluar ruangan.

“Para pengawas kami beri arahan mulai dari mengisi daftar hadir, menerima berita acara dan berkas yang diberikan ke peserta, verifikasi dokumen siswa, dan melakukan penetapan di aplikasi pengawas,” sebutnya.

Heri Prawoto menjelaskan terdapat 20.775 peserta yang mengikuti UTBK diuniversitas Brawijaya  Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh panitia dalam meminimalisir kecurangan yang seringkali dilakukan oleh para peserta. Sehingga kami harap para pengawas sangat jeli untuk meminimalisir adanya kecurangan.

“Peserta masuk ke ruangan hanya membawa kartu peserta, surat keterangan lulus, dan identitas diri. Kemudian tidak boleh membawa alat tulis, jam tangan, dan handphone. Untuk mengidentifikasi adanya barang yang disembunyikan akan menggunakan metal detector,” jelasnya.

Dia menyebut telah menyiapkan 1.580 komputer yang tersebar di 16 lokasi, terdiri dari 62 ruang yang berada di UB kampus Veteran. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.