https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Pengamat Politik: Tidak Ada Calon yang Dominan di Pilkada Kota Malang

Kamis, 12 September 2024 - 11:58
Pengamat Politik: Tidak Ada Calon yang Dominan di Pilkada Kota Malang Pengamat politik dari Universitas Brawijaya Andhyka Muttaqin, SAP, M.PA, dalam acara ngobrol santai bersama pakar yang duhelat UB, Kamis (12/9/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Pengamat politik dari Universitas Brawijaya, Andhyka Muttaqin, SAP, M.PA, mengatakan, tidak ada calon yang paling dominan dalam Pilkada Kota Malang 2024. Menurutnya, semua pasangan calon (paslon) memiliki peluang yang sama untuk memenangkan kontestasi politik ini.

"Dalam pandangan saya, saat ini tidak ada calon pemimpin yang dominan, walaupun ada incumbent seperti mantan Pj Wali Kota Malang. Tapi, ia bukan calon yang dominan," ungkap Andhyka dalam acara Ngobrol Santai (Bonsai) bersama para pakar di Universitas Brawijaya, Kamis (12/9/2024).

Ia juga menambahkan bahwa situasinya akan berbeda jika Wali Kota Malang periode 2018-2023, Sutiaji, ikut maju dalam pilkada tahun ini. Namun, kenyataannya Sutiaji tidak mencalonkan diri pada Pilkada Kota Malang 2024.

Di sisi lain, Andhyka, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Peneliti Perilaku Pemilih di Era Digital Universitas Brawijaya, menyebutkan bahwa pasangan calon Abah Anton memiliki potensi yang cukup besar. Namun, ia menegaskan bahwa kekuatan Abah Anton tidak signifikan dibandingkan dengan pasangan calon lainnya.

"Abah Anton memang potensial, tetapi dia memiliki keterkaitan dengan isu hukum. Tahapan pemilu kali ini juga tidak bisa dipisahkan dari dinamika hukum yang ada di Indonesia," tambahnya.

Secara umum, Andhyka mengatakan bahwa Pilkada adalah pintu gerbang yang dapat mengarah pada kebaikan maupun keburukan. Seorang pemimpin terpilih akan dihadapkan pada pilihan apakah akan menjadi pemimpin yang baik atau sebaliknya.

"Pemilu yang demokratis dan bersih akan menghasilkan pemimpin yang baik. Sebaliknya, jika pemilu diwarnai dengan kecurangan, maka akan menghasilkan pemimpin yang tidak baik, yang nantinya akan berdampak pada pengelolaan daerah," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.