https://malang.times.co.id/
Berita

Suka Baca dan Musik? Ini Rekomendasi Buku Musik Lokal yang Dibaca

Sabtu, 15 Mei 2021 - 11:36
Suka Baca dan Musik? Ini Rekomendasi Buku Musik Lokal yang Dibaca Salah satu cover buku Flip Da Skrip yang ditulis oleh Herry Sutresna (Ucok Homicide). (Foto: Istimewa)

TIMES MALANG, JAKA – Suka dengan pengetahuan dan pengalaman melalui membaca? Lalu juga suka dengan musik? Apalagi yang tidak biasa? Pastinya rekomendasi ini cocok banget buat kalian para pecinta musik antimainstream dan membaca buku-buku musik yang bisa menambah pengetahuan sejarah dan perkembangan musik.

Musik bisa menceritakan banyak hal. Musik juga mempunyai pengaruh besar dalam sebuah aspek kehidupan. Mulai gaya hidup, pekerjaan, sifat dan pertemanan.

Jika kalian suntuk dan ingin menambah pengetahuan soal musik dan akar-akarnya, ini dia beberapa rekomendasi buku bertemakan musik yang wajib banget kalian baca.

1. Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayahnya (2018)

Buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia ini memberikan sebuah penuturan panjang lebar tentang perkembangan jurnalisme musik di Indonesia, yang dimana memang menjadi satu kesatuan. 

Penulis Idhar Resmadi mengulas perlahan mulai dari era Hindia-Belanda, hingga ke masa keruntuhan media-media cetak di periode tahun 2015-2018. Salah satu hal paling menarik dari buku ini adalah bagaimana penulis tidak mencoba memaksa pembacanya untuk melihat musik sebagai bisnis semata.

Yang biasa suka menulis dan musik, wajib mengetahui seluk beluk dan era kejayaan jurnalisme musik untuk bisa kalian terapkan nantinya.

2. The Jadugar: 15 Tahun Mengobrak-abrik Video Musik Indonesia (2020)

Duo Henry Foundation dan Anggun Priambodo sempat menjadi primadona lewat karya-karya visual yang mereka hasilkan. 

The Jadugar, sebuah kolektif pembuat video klip yang didirikan oleh keduanya, melahirkan banyak klip yang kemudian dikenang karena estetika, karakter serta pendekat yang eksploratif pula eksentrik. Buku ini akan menjadi kilas balik romantisme musik Indonesia pada medio 2000-an melalui kacamata The Jadugar.

Buku terbitan Gramedia ini akan menceritakan soal visualisme dan musik bercampur menjadi suatu kolaborasi yang mengikat pikiran, hati dan jiwa.

3. Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd Dalam Satu Dekade (2018)

Mengenal hip-hop melalui sudut pandang seseorang yang begitu gila terhadap apa yang dicintainya, music junkie yang selalu menyediakan tempat bagi musik untuk mengambil peran di berbagai fase hidupnya. 

Herry 'Ucok' Sutresna membagikan sederet catatan tentang musik hip-hop pilihannya dengan sangat detil. Tidak melulu yang favorit, ragam kekecewaan sampai sumpah serapah juga dimuat di sini.

Pastinya yang suka pergerakan dalam musik, wajib banget baca buku musik terbitan Elevation Books ini. Terutama era-era gila hip hop melalui isu yang diangkat, seperti halnya Public Enemy, bakal tertuang jelas disini. Selamat membaca. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.