Berita

ITN Malang Segera Kukuhkan Aryuanto Soetedjo sebagai Profesor ke-10 Bidang Teknik Elektro

Selasa, 29 November 2022 - 11:30
ITN Malang Segera Kukuhkan Aryuanto Soetedjo sebagai Profesor ke-10 Bidang Teknik Elektro Prof Aryuanto Soetedjo Guru Besr Bidang Teknik Elektro ITN Malang. (Foto: Dok Humas ITN Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGITN Malang  akan mengukuhkan Aryuanto Soetedjo sebagai Profesor atau Guru Besar Bidang Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Malang. Prof Aryu menjadi Profesor ke-10 yang dimiliki ITN Malang.

Prof Aryu bakal dikukuhkan dalam Rapat Terbuka Senat ITN Malang yang dipimpin oleh Ketua Senat ITN Malang pada Rabu (30/11/2022) besok di Kampus ITN Malang.

Prof Aryu akan membawakan pidato ilmiahnya berjudul Implementasi Kecerdasan Buatan pada Piranti Tertanam untuk Transformasi Teknologi di Era Digital.

"Penelitian saya ini saya geluti selama 10 tahun. Kolaborasi multi disiplin itu penting. Elektro tidak bisa sendiri. Trend sekarang seperti itu," katanya.

Prof Aryu menjelaskan revolusi industri 4.0 yang sangat erat dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah memasuki ke dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

"Ketika kita lihat perangkat sekarang sudah pinter-pinter. Mesin cuci, rice cooker, TV, sudah ada AI-nya karena salah satunya ada piranti tertanam," bebernya.

"Sekarang dunia kelistrikan sudah canggih. PLN mulai dengan token. Kalau saya lebih banyak kepada manajemen energinya. Misal mesin cuci itu kapan harus dinyalakan, lampu bagaimana kecerahan nya. Supaya itu bisa diterapkan di rumah, AI-nya harus ditanam ya di embedded system," imbuhnya.

Prof Aryu adalah salah satu dosen berprestasi yang dimiliki oleh ITN Malang. Ia memiliki segudang karya penelitian dan publikasi artikel ilmiah dalam jurnal-jurnal bereputasi.

Ia juga aktif diundang sebagai pemakalah seminar ilmiah (oral presentation). Dalam lima tahun terakhir ini, Prof Aryu menjadi pemakalah seminar ilmiah di China, Tokyo, dan Universitas Negeri Padang. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.