https://malang.times.co.id/
Berita

1.377 SR Layani Kebutuhan Air Bersih Delapan Desa di Malang Selatan dari SPAM Kaligoro

Selasa, 15 Juli 2025 - 19:00
1.377 SR Layani Kebutuhan Air Bersih Delapan Desa di Malang Selatan dari SPAM Kaligoro Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, saat memaparkan rencana lanjutan Proyek SPAM di Desa Gedangan, Kabupaten Malang, belum lama ini. (foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG – Sejumlah 1.377 SR (Sambungan Rumah) baru, saat ini sudah terpasang untuk mendapatkan pelayanan distribusi air bersih dari Perumda Tirta Kanjuruhan, di wilayah Kabupaten Malang bagian selatan.

"Saat ini sudah terpasang 1.377 SR baru, sebagai upaya memberikan distribusi air bersih kepada setiap rumah di wilayah Kabupaten Malang. Perumda Tirta Kanjuruhan, terus meningkatkan pemenuhan kebutuhan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Malang," Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Selasa (15/7/2025). 

Menurutnya, saat ini akses air bersih semakin terbuka bagi warga di wilayah Selatan Kabupaten Malang. Khususnya masyarakat yang selama ini berada di kawasan rawan krisis air, namun belum tersambung jaringan distribusi air bersih.

Sampai pertengahan Juli 2025, kata Syamsul, ada 1.377 SR baru yang telah berhasil dipasang di delapan desa. Penerima manfaat SR itu mendapatkan distribusi air bersih yang berada dalam cakupan pelayanan Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) Kaligoro, Desa Druju, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Dikatakan, SPAM Kaligoro telah melayani pendistribusian air bersih pada delapan desa. Meliputi Desa Sumbermanjing Wetan, Harjokuncaran, Klepu, Ringinsari, Argotirto, Druju, Gedangan dan Girimulyo.

Masih kata Syamsul, pelayanan Sambungan Rumah (SR) baru ini, memang menjadi upaya paling utama dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. 

Bahkan kali ini, perusahaan daerah penyedia air minum itu, menggulirkan program SABAR (Sambungan Air Bersubsidi, Aman dan Ramah), agar lebih memasifkan layanan air bersih lebih merata.

“Kami terus berkomitmen untuk mewujudkan layanan air minum yang merata dan terjangkau, bagi seluruh lapisan masyarakat melalui program SABAR,” tegasnya.

Dalam pelaksanaannya, program SABAR ini didasarkan pada persetujuan Bupati Malang, tertanggal 31 Januari 2025. Selanjutnya, dituangkan dalam Keputusan Direksi Perumda Tirta Kanjuruhan Nomor 14 Tahun 2025.

Program SABAR secara khusus menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang tinggal di sekitar jaringan distribusi. Namun, selama ini belum mampu melakukan penyambungan rumah, karena keterbatasan biaya.

“Lewat skema subsidi Perumda Tirta Kanjuruhan, pelanggan hanya membayar Rp 550 ribu dari total biaya pemasangan Rp 1,5 juta,” kata Syamsul. 

Program SABAR ini, menurutnya  hadir sebagai bentuk keberpihakan nyata kepada masyarakat. Juga, bukan hanya tentang sambungan baru, melainkan juga wujud kesetaraan akses air bersih semua lapisan masyarakat.

“Program SABAR ini tidak hanya membantu pemenuhan kebutuhan dasar atas air bersih, melainkan juga mendorong pemanfaatan infrastruktur SPAM yang sebelumnya belum optimal. Tak kalah penting, tentu ini untuk mempercepat pemerataan layanan di wilayah Malang Selatan,” demikian Syamsul Hadi. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.