https://malang.times.co.id/
Berita

KPU Kabupaten Malang Terima Keputusan Pj Gubernur Terkait Izin Cuti Petahana

Sabtu, 14 September 2024 - 20:24
KPU Kabupaten Malang Terima Keputusan Pj Gubernur Terkait Izin Cuti Petahana Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – KPU Kabupaten Malang menyatakan telah menerima surat keputusan Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, tentang izin cuti petahana Sanusi.

“Kami sudah menerima surat keputusan dari Pj Gubernur Jawa Timur tentang diterbitkannya izin cuti atas nama Sanusi selaku Bupati Malang. Surat dari Pj Gubernur diterima tanggal 12 September 2024," kata Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika, membenarkan, Sabtu (14/9/2024) petang. 

Dikatakan, surat tersebut diberikan kepada KPU Kabupaten Malang sebagai pemberitahuan bahwa Sanusi telah mendapatkan izin cuti dan bisa mengikuti kampanye.

"Isi surat untuk izin cuti bagi yang bersangkutan di luar tanggungan negara selama masa kampanye," imbuh Mahardika. 

Sesuai aturan, petahana yang kembali mencalonkan diri di pilkada wajib cuti, dan tidak boleh menggunakan fasilitas negara saat melakukan kegiatan kampanye.

Selama dua bulan masa kampanye, petahana dilarang menggunakan fasilitas yang diberikan negara, di antaranya kendaraan dinas, rumah dinas, asisten, ajudan, dan fasilitas milik negara lainnya.

Sebagai informasi, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan surat edaran, bahwa petahana yang maju Pilkada 2024 wajib mengajukan cuti di luar tanggungan negara (CLTN).

KPU Kabupaten Malang juga telah mengumumkan resmi kedua bakal paslon Pilkada Kabupaten Malang 2024, telah memenuhi persyaratan administrasi hari ini. Ini menyusul telah dilakukannya verifikasi berkas persyaratan pencalonan. 

Melalui portal resminya, pihak KPU Kabupaten Malang juga menyampaikan, bahwa masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap keabsahan persyaratan calon, berikut visi, misi, dan program bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang 2024.

Masukan dan tanggapan masyarakat bisa disampaikan pada 15-18 September 2024, dengan ketentuan dibuat secara tertulis disertai dengan bukti identitas diri, dan dapat dilampiri bukti relevan. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.